NII Akan Ditangkal dari Penjuru Desa

NII Akan Ditangkal dari Penjuru Desa
NII Akan Ditangkal dari Penjuru Desa
JAKARTA -- Setelah pada pekan lalu mengeluarkan surat edaran agar seluruh gubernur, bupati/walikota mewaspadai gerakan Negara Islam Indonesia (NII), Mendagri Gamawan Fauzi membuat terobosan baru dengan memanfaatkan Lembaga Pemberdayaan Masyakarat (LPM) yang ada di seluruh desa.

Organisasi yang dulunya bernama Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) ini akan diberdayakan untuk ikut menangkal pergerakan NII. "Kita mulai dari desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, nasional," ujar Gamawan Fauzi di kantornya, usai menemui jajaran pengurus DPP LPM yang ketua umumnya adalah Idrus Marham, Rabu (4/5).

Caranya, melalui LPM yang ada di 76 ribuan desa, ada dibangkitkan lagi tradisi gotong-royong. Dengan sikap gotong-royong diharapkan tumbuh sikap peduli terhadap sekitar, termasuk jika ada indikasi gerakan NII.

Idrus Marham menambahkan, esensi tujuan penguatan LPM adalah untuk membentuk ketahanan desa. "Bila ketahanan desa terbentuk, maka isu-isu yang berkembang bisa diproteksi, seperti NII atau bentuk-bentuk gerakan lainnya yang merongrong Pancasila," ujar Idrus yang juga sekjen DPP Partai Golkar.

JAKARTA -- Setelah pada pekan lalu mengeluarkan surat edaran agar seluruh gubernur, bupati/walikota mewaspadai gerakan Negara Islam Indonesia (NII),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News