Sabtu, 20 Juli 2019 – 10:58 WIB

Nilai UN Minimal Rata – rata 9,5 Boleh Daftar PPDB 2019 Jalur Prestasi

Kamis, 20 Juni 2019 – 10:01 WIB
Nilai UN Minimal Rata – rata 9,5 Boleh Daftar PPDB 2019 Jalur Prestasi - JPNN.COM

jpnn.com, PEKANBARU - Pendaftaran PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tingkat SD dan SMP negeri di Kota Pekanbaru, Riau, akan dibuka 1 Juli 2019.

Seperti di daerah lain, PPDB di Pekanbaru juga menggunakan sistem zonasi, yang memprioritaskan calon siswa yang bertempat tinggal tidak jauh dari sekolah. Untuk verifikasi, jarak domisili akan dicek lewat GPS.

Untuk tingkat SMP ada sekitar 15 ribu siswa lulusan SD yang akan bersaing masuk ke sekolah negeri. Sementara, daya tampung maksimal diperkirakan hanya sekitar 9.000 siswa.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal kepada Riau Pos (Jawa Pos Group) saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, setiap tahun memang tidak semua calon siswa tertampung di sekolah negeri.

"Dari dulu teman-teman swasta ada. Tugas pemerintah bagaimana anak sekolah. Untuk SD dan SMP tertampung semuanya, tapi tidak harus negeri. Ini yang harus dimengerti masyarakat,'' jelas dia.

BACA JUGA: Menurut KPAI, Pendaftaran PPDB Jalur Zonasi tak Perlu Antre

Sistem zonasi diatur melalui Permendikbud nomor 51/2018. Disini diatur jalur penerimaan yakni sistem zonasi 90 persen.''Siswa yang tempat tinggalnya lebih dekat dengan sekolah negeri peluang diterimanya lebih besar. Cara menentukan nya nanti lewat GPS melacak alamat rumah. Jadi tidak ada diukur-ukur,'' ungkapnya.

Sementara itu, lima persen sisanya merupakan jatah bagi siswa berprestasi dan lima persen lagi jatah calon siswa yang ikut orangtua pindah kerja dari daerah lain di luar Kota Pekanbaru.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar