Nono Minta Distribusi Vaksin Covid-19 Merata

Nono Minta Distribusi Vaksin Covid-19 Merata
Wakil Ketua I DPD RI Letjen Mar (Purn) Nono Sampono. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mengapresiasi kebijakan pemerintah menggratiskan pemberian vaksin Covid-19. 

Wakil Ketua DPD Nono Sampono menilai kebijakan tersebut merupakan bukti dari pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan nasional kepada seluruh masyarakat di tengah pandemi Covid-19. 

“Ini menandakan bahwa pemerintahan Presiden Joko Widodo serius membangun ketahanan nasional di sektor kesehatan," kata Nono dalam Sidang Paripurna Ke-7 DPD RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/1).

Menurutnya, hal itu ditandai dengan adanya sistem jaminan kesehatan nasional yang memastikan bahwa seluruh rakyat Indonesia berhak mendapat jaminan kesehatan.

Nono menambahkan untuk memastikan pemerataan pemberian vaksin ke seluruh masyarakat, DPD akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait dan kegiatan pengawasan di daerah. 

Ia meminta Komite III DPD untuk melakukan pembahasan dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional terkait program vaksinasi. 

Nono juga meminta Komite IV DPD untuk melakukan pembahasan mengenai alokasi anggaran kesehatan agar dapat dikelola sesuai dengan prinsip tepat sasaran dan tepat manfaat.

“Pimpinan juga mengharapkan kepada seluruh senator untuk dapat ikut mengawasi program pemberian vaksin tersebut di daerah pemilihannya masing-masing agar dapat berjalan sesuai dengan target yang ditetapkan,” imbuhnya.

Pemberian vaksin gratis menandakan pemerintahan Presiden Jokowi serius membangun ketahanan nasional di sektor kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News