Rabu, 20 September 2017 – 14:28 WIB

Nono Sampono: Indonesia Harus Bangun Kekuatan Maritim

Kamis, 14 September 2017 – 15:38 WIB
Nono Sampono: Indonesia Harus Bangun Kekuatan Maritim - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Nono Sampono membuka acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Kemitraan Strategis Daerah dan Luar Negeri dalam Memperkuat Diplomasi Ekonomi RI dan Pembangunan Daerah, di ruang GBHN, Kompleks Parlemen Jakarta, Kamis (14/9).

Menurut Nono, Indonesia mempunyai peran strategis di kawasan Asia Pasific dalam tujuan poros maritim dunia.

Menurut Nono, ada tiga cara agar Indonesia mempunyai peran strategis yaitu menjaga kawasan ASEAN agar tidak masuk dalam wilayah konflik; menjamin keamanan dan kelancaran arus pelayaran di perairan Indonesia khususnya dari dan ke Laut Cina Selatan; melakukan Diplomasi Maritim dengan mengedepankan saling percaya dan kerjasama yang saling menguntungkan demi kepentingan bersama di kawasan.

“Untuk hal-hal tersebut diatas Indonesia perlu memperkuat posisi tawar dengan membangun Kekuatan Maritim (Ekonomi dan Militer),” ujar senator dari Maluku ini dalam keynote speechnya.

Lebih lanjut, Nono mengatakan mengenai peran Indonesia dalam menjaga kawasan ASEAN agar tidak masuk dalam wilayah konflik salah satunya yaitu Indonesia harus bersikap mengenai kekerasan etnis Rohingya di Myanmar.

“Indonesia harus terlibat seperti kasus di Myanmar agar tidak terjadi konflik yang lebih besar lagi,” kata Nono.

Acara yang dihadiri oleh duta besar dari Kerajaan Arab Saudi, Kerajaan Qatar, Brazil, Meksiko serta perwakilan dari Kedutaan Besar Republik Korea, Kerajaan Inggris dan Irlandia Utara tersebut diselenggarakan oleh Badan Kerja Sama Parlemen DPD RI (BKSP DPD RI). Narasumber dalam FGD ini yaitu Lefianna Hartati Ferdinandus (Direktur Hukum dan Perjanjian Sosial Budaya, Kementerian Luar Negeri), Kurniawan Ariadi dari Kementerian PPN/Bappenas dan Husen Maulana dari BKPM.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua BKSP DPD RI GKR. Ayu Koes Indriyah mengatakan bahwa kerja sama internasional merupakan kemestian dan keharusan dalam pergaulan dan persahabatan yang bermartabat dan saling menghormati di antara bangsa-bangsa di dunia yang berdaulat.

SHARES
TAGS   dpd
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini