Noordin Diduga Tokoh Fiktif

Noordin Diduga Tokoh Fiktif
Noordin Diduga Tokoh Fiktif
JAKARTA -- Ada dugaan kuat, gembong teroris Noordin M Top sebenarnya tidak ada, alias fiktif. Itulah sebabnya, hingga saat ini Noordin yang disebut-sebut digerebek di sebuah rumah di Temanggung pada akhir pekan lalu, hingga saat ini belum juga tertangkap.

Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Erlangga Masdiana malah tertawa saat ditanya di tempat seperti apa buronan sekaliber Noordin biasanya sembunyi. Apakah justru Noordin ikut menonton aksi penggerebekan di Temanggung itu? "Saya tidak bisa menjawab pertanyaan seperti itu. Karena saya tidak tahu, sebenarnya Noordin M Top itu ada atau nggak. Jangan-jangan, Noordin itu hanyalah tokoh fiktif," ujar Erlangga Masdiana saat dihubungi JPNN di Jakarta, Senin (10/8).

Erlangga menjelaskan, ada dua jenis aksi terorisme, yakni terorisme murni dan terorisme yang bermuatan politis. Jenis terorisme yang bermuatan politis sangat sulit dideteksi siapa sebenarnya dalang pelakunya. Pasalnya, siapa sesungguhnya aktor aksi pengeboman yang dimainkan kelompok politik tertentu, sangat tergantung dari konteks situasi politik yang sedang terjadi.

"Biasanya aksi terorisme yang bermuatan politik sebagai bagian dari upaya manajemen pengalihan isu," ujarnya. Hanya saja, dia tidak mau menduga-duga apakah aksi teror yang berlangsung di JW Marriot dan Ritz Carlton pada 17 Juli 2009 lalu berkaitan dengan pengalihan isu seputar sengketa perhitungan suara pilpres. "Karena saya bukan ahli politik," kilahnya.

JAKARTA -- Ada dugaan kuat, gembong teroris Noordin M Top sebenarnya tidak ada, alias fiktif. Itulah sebabnya, hingga saat ini Noordin yang disebut-sebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News