Novanto Akan Bantu Warga Sukarame Dapatkan Sertifikat

Novanto Akan Bantu Warga Sukarame Dapatkan Sertifikat
Novanto bertemu dengan warga Sukarame, Lampung. Foto: Ist

jpnn.com - jpnn.com - Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto menerima pengaduan ratusan masyarakat Waidadi Sukarame Bandar Lampung, Jumat (27/1).

Penyampaian tuntutan masyarakat itu diwakili oleh saudara Hadi. Kepada Novanto, dia mengeluhkan lamanya proses legalisasi yang dituntut warga sejak tahun 80-an.

"Lokasi seluas 300 hektar are telah berhasil disertifikatkan sebanyak 30 persen, sedangkan 70 persen sisanya sampai sekarang tidak jelas ujungnya," jelas Hadi yang disambut tepuk tangan warga.

Di atas lahan tersebut, terdapat HPL Pemda seluas 89 ha dan sekitar 100 ha diberikan kepada pihak swasta.

Novanto diminta masyarakat untuk diperjuangkan agar bisa mendapat sertifikat, kalau bisa dengan biaya cuma-cuma atau dengan diskon 30-50 persen.

"Masyarakat dengan kodisi ekonomi yang terbatas sangat berat untuk membayar biaya pengurusan sertifikat, karena harga tanah disitu sesuai NJOP sekitar Rp 300.000-Rp 350.000/m2," jelasnya.

Novanto ikut prihatin atas masalah yang menimpa masyarakat Sukarame yang sudah puluhan tahun. Dia berjanji untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut dengan pemerintah pusat, khususnya dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN.

"Sekecil apapun aspirasi masyarakat, apalagi terkait dengan masalah lahan harus kita perhatikan. Ini bukti kepedulian Golkar terhadap nasib rakyat, karena Suara Golkar Suara Rakyat," jelas Novanto yang juga Ketua DPR RI ini.

 Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto menerima pengaduan ratusan masyarakat Waidadi Sukarame Bandar Lampung, Jumat (27/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News