Novanto: Pancasila Bukan Sekadar Simbol

Novanto: Pancasila Bukan Sekadar Simbol
Ketua DPR, Setya Novanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto mengucapkan selamat hari lahir Pancasila 1 Juni. Novanto mengatakan, hari Pancasila merupakan momentum peringatan yang mengembalikan memori kolektif sebagai anak bangsa tentang sebuah dasar negara, falsafah kehidupan berbangsa yang diperjuangkan dan dilahirkan di atas seluruh keanekaragaman dan perbedaan. Pancasila bukan sekadar simbol dan butir-butir yang dilafalkan, tetapi juga urat nadi, jati diri dan ideologi.

Di tengah berbagai paham yang mengglobal, Pancasila menjadi asas yang menyelubungi setiap watak dan pikiran tentang bagaimana menjadi Indonesia Sejati.

"Karena itu, menjadi Indonesia adalah menghayati dan mengamalkan Pancasila," kata Novanto, Kamis (1/6).

Sebagai konsensus kebangsaan, para pendiri bangsa ini telah memapankan Pancasila sebagai satu-satunya dasar yang melatarbelakangi visi dan misi tentang Indonesia.

"Karena itu, kita menolak segala bentuk pemikiran dan tindakan yang dengan sengaja menodai Pancasila sebagai nilai," katanya.

Dia menegaskan, Indonesia menentang segala bentuk aksi dan perilaku yang bertentangan dengan Pancasila sebagai dasar negara.

"Bagi kita, Pancasila sudah final," tegas Novanto yang juga ketua umum Partai Golkar itu.

Menurur dia, tidak ada lagi perdebatan selain upaya-upaya untuk memperkaya dan melestarikan nilai-nilai yang termaktub dalam lima sila dalam Pancasila.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto mengucapkan selamat hari lahir Pancasila 1 Juni. Novanto mengatakan, hari Pancasila merupakan momentum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News