Novel Baswedan Disiram Air Keras, Terkait e-KTP?

Novel Baswedan Disiram Air Keras, Terkait e-KTP?
Penyidik senior KPK Novel Baswedan disiram air keras. Foto: Istimewa/Facebook

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) mengecam aksi teror berupa penyiraman air keras terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

Koordinator ICW Adnan Topan Husodo mengatakan, teror terhadap Novel bukan terjadi kali ini saja. Dia pun menduga tindakan penyiraman air keras terhadap Novel berkaitan dengan penanganan kasus dugaan korupsi yang ditangani KPK.

"Teror terhadap Novel sudah beberapa kali dilakukan. Diduga kuat, aksi serangan terhadap Novel kali ini berkaitan erat dengan kasus korupsi e-KTP yang tengah diusut KPK," kata Adnan di Jakarta, Selasa (11/4).

Menurut Adnan, teror terhadap Novel mesti dilihat sebagai ancaman terhadap agenda pemberantasan korupsi. Pasalnya, orang atau kelompok yang melakukan teror mempunyai tujuan utama, yaitu supaya proses hukum atas kasus tertentu bisa berhenti.

ICW meminta Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mengambil sikap tegas. Karena praktik kekerasan terhadap personel KPK telah dilakukan berulang kali.

"ICW menuntut kepada Presiden Jokowi dan Kapolri untuk mengambil sikap tegas dengan mengusut pelakunya serta menyeretnya ke proses hukum. Masyarakat perlu tahu siapa dalang aksi teror yang dilakukan kepada Novel Baswedan," tutur Adnan.

Dia menyatakan, Presiden Jokowi dan Kapolri juga harus memberikan perlindungan kepada siapa pun yang bekerja melawan korupsi di Indonesia.

"Presiden Jokowi dan Kapolri juga harus meningkatkan upaya untuk memberikan rasa aman," ucap Adnan.(gil/jpnn)


Indonesia Corruption Watch (ICW) mengecam aksi teror berupa penyiraman air keras terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.


Redaktur & Reporter : Gilang Sonar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News