Nuh: Tak Ada Privatisasi PTN

Terkait Labelisasi Otonomi Universitas

Nuh: Tak Ada Privatisasi PTN
Nuh: Tak Ada Privatisasi PTN
JAKARTA—Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh berjanji tidak akan melakukan pilih kasih kepada perguruan tinggi negeri (PTN) meskipun adanya perbedaan hak otonomi setiap masing-masing universitas. Perbedaan hak otonomi tersebut tercantum di dalam rancangan undang-undang (RUU) Pendidikan Tinggi.

Jenis otonomi universitas ada tiga, yakni semi otonomi, otonomi terbatas, dan otonomi penuh. Diketahui, labelisasi otonomi dalam pengelolaan perguruan tinggi (PT) ini dikhawatirkan akan memunculkan diskriminasi.

“Saat ini yang ditakutkan oleh berbagai kalangan adalah di dalam otonomi penuh ada penjelmaan privatisasi. Perlu ditegaskan, posisi pemerintah di sini, tidak akan ada PTN yang lepas sama sekali dari kontribusi pemerintah,” tegas Nuh di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (27/3).

Oleh karena itu, terang Nuh, pihaknya juga sudah meyakinkan pihak DPR mengenai hal ini. ”Jangan khawatir, pemerintah tentunya akan tetap merinci terlebih dahulu. Yakni, mulau dari tata kelola keuangan kampus, perencanaan, investasi, kerjasama, norma, tarif dan utang-piutang kampus,” tukasnya.

JAKARTA—Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh berjanji tidak akan melakukan pilih kasih kepada perguruan tinggi negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News