Nutrisi Makmur! Solusi Gus Ipul-Puti Buat Kesehatan Ibu-Anak

Nutrisi Makmur! Solusi Gus Ipul-Puti Buat Kesehatan Ibu-Anak
Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul (topi putih) saat mengunjungi kaum perempuan di Banyuwangi. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Ribuan kaum perempuan di Banyuwangi, mendapat pemaparan program Nutrisi Makmur dari calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, Rabu (30/5).

Dalam kunjungan di sejumlah titik yang didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Gus Ipul menyatakan, kesehatan ibu dan anak menjadi fokus yang bakal diprioritaskan.

“Nutrisi Makmur adalah program pendampingan ibu hamil hingga bersalin, sampai bayi lahir dan tumbuh kembangnya kami pastikan berjalan baik,” ujarnya.

Program tersebut menyempurnakan apa yang sudah berjalan selama ini. “Jadi didampingi, ada petugas khusus. Kami mengonsolidasikan seluruh pemangku kepentingan, mulai Puskesmas, kader kesehatan, kampus-kampus dengan jurusan yang relevan untuk mendampingi ibu hamil. Kita siapkan anggarannya,” kata Gus Ipul.

Pria kelahiran Pasuruan berusia 53 tahun ini menyatakan, ada nutrisi gratis ibu hamil dan bayi. Ibu hamil didampingi sejak awal masa kehamilan hingga bayi lahir dan tumbuh. Mulai dari asupan nutrisi ibu saat hamil, pemeriksaan rutin ibu hamil, sampai dengan monitoring asupan ASI eksklusif pada bayi, semua didampingi.

Balita pun diberi asupan makanan tambahan untuk antisipasi gizi buruk. “Ada Kartu Nutrisi Makmur, tidak boleh ibu hamil dan bayi-bayi di Jawa Timur kesulitan mengakses makanan bergizi,” ujarnya.

Gus Ipul dan calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno pun menyiapkan pendampingan layanan pranikah dengan melibatkan berbagai institusi dan komponen, terutama berfokus pada peningkatan derajat kesehatan calon pengantin perempuan (CPP).

Dengan memperbaiki derajat kesehatan CPP, diharapkan derajat kesehatan ibu pada masa sebelum hamil (masa prakonsepsi) akan terjaga sehingga dapat melahirkan dengan sehat.

Abdullah Azwar Anas menilai, memilih Gus Ipul dan Mbak Puti pada Pilkada Jatim akan makin meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News