Nyaris Bangkrut, Misriwati Agustina Sukses Bangun Bisnis Rotan, Begini Ceritanya

Nyaris Bangkrut, Misriwati Agustina Sukses Bangun Bisnis Rotan, Begini Ceritanya
Industri anyaman rotan sukses. Foto: BRI

jpnn.com, JAKARTA - Perempuan berusia 57 tahun asal Malang bernama Misriwati Agustina banting setir dari karyawan kantoran menjadi pengusaha industri anyaman rotan sukses.

Usaha yang dibangun olehnya dikenal dengan nama CV Dona Doni Rattan Gallery dan menjadi industri rotan asal Malang yang diperhitungkan di Indonesia.

Misriwati memproduksi kerajinannya di JL. Bulutangkis, RT/RW: 005/002. Kelurahan Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Sebelum terjun ke dalam bisnis, Misriwati bekerja sebagai perantara bisnis industri anyaman rotan (broker) pada 1992 di perusahaan asal Amerika. Dukungan dari suami dan keluarganya serta pengalaman dan keterampilannya membuatnya bertekad dan termotivasi untuk mendirikan industri anyaman rotan sendiri.

“Dona Doni ini sebenarnya berdiri 1998 setelah suami diberhentikan dari perusahaannya waktu krisis moneter. Lalu, saya terinspirasi untuk usaha sendiri. Saya belajar dari perusahaan Amerika karena saya menjadi broker selama lima tahun, setelah itu saya memulai usaha sendiri,” kata Misriwati.

Nama CV. Dona Doni Rattan Gallery berasal dari nama anak bungsunya yang bernama Dona Romadhoni yang kemudian disingkat menjadi Dona dan Doni.

Produk-produk yang dihasilkan oleh CV. Dona Doni Rattan Gallery, meliputi kerajinan anyaman rotan mulai dari souvenir, furniture, peralatan kebutuhan rumah tangga, desain hiasan cinderamata dari bahan baku seperti serat rotan, mendong, pelepah pisang, eceng gondok, dan rotan sintetis.

Pemasaran produk terus aktif dilakukan melalui workshop dan pameran kerajinan tangan atau craft, baik dilakukan di daerah Malang ataupun di luar kota, seperti Surabaya, Jogja, Solo ataupun Jakarta. CV Dona Doni Rattan Gallery juga berhasil mengepakkan penjualannya ke pasar ekspor Singapura, Malaysia, Jepang, Amerika hingga Abu Dhabi.

Perempuan berusia 57 tahun asal Malang bernama Misriwati Agustina banting setir dari karyawan kantoran menjadi pengusaha industri anyaman rotan sukses.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News