Oalah! Tak Nyangka Juga Indonesia Negara Kedua Terbesar Dalam Hal Ini

Oalah! Tak Nyangka Juga Indonesia Negara Kedua Terbesar Dalam Hal Ini
Sekitar 150 putra-putri Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) mempersembahkan tarian "Lautku, Rumahku" pada peringatan Hari Nusantara 2016 yang dilaksanakan di Lewoleba, Lembata, Selasa (13/12). Foto: Ken Girsang/jpnn.com

jpnn.com - LEMBATA - Indonesia merupakan negara kedua terbesar penghasil sampah plastik di laut, setelah Tiongkok.

Kondisi ini ternyata menjadi perhatian Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. 

Utuk itu ia menegaskan perlu penanganan khusus untuk mengatasi masalah tersebut. 

Sebab jika tidak diatasi dikhawatirkan akan mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan ke Indonesia.

"Indonesia berada pada posisi nomor dua terbesar. Perlu langkah tegas untuk mengurangi limbah plastik," ujar Luhut saat membuka puncak peringatan Hari Nusantara 2016 mewakili Presiden Joko Widodo, di Lewoleba, Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (13/12).

Itu sebuah fakta yang kurang baik, di tengah upaya pemerintah mengembangkan potensi kelautan Indonesia yang sangat memukau dunia internasional.

Selain mengurangi sampah plastik, sejumlah langkah lain menurut Luhut juga perlu ditingkatkan. Misalnya terus mempromosikan keindahan alam laut Indonesia. 

Itulah sebabnya peringatan Hari Nusantara 2016 dilaksanakan di Lembata. Salah satu pulau terluar di NTT yang menyimpan sejuta potensi luar biasa. 

LEMBATA - Indonesia merupakan negara kedua terbesar penghasil sampah plastik di laut, setelah Tiongkok. Kondisi ini ternyata menjadi perhatian Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News