Oalah! Tanggul Jebol Lagi, Banjir Rob Meluas

Oalah! Tanggul Jebol Lagi, Banjir Rob Meluas
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Warga Jakarta Utara semakin was-was dengan kondisi tanggul di wilayah mereka. Hal ini karena terus berulangnya kasus tanggul jebol. Setelah kawasan Muara Angke dan Pantai Mutiara, kini banjir juga melanda kawasan Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Banjir tersebut diketahui juga karena tanggul jebol.

Ketinggian banjir itu mencapai hingga lutut orang dewasa antara 30-50 centimeter (cm). Akibat banjir, lalu lintas di lokasi menjadi tersendat. Pantauan Indopos (Jawa Pos Group), banjir yang melanda pelelangan ikan Muara Baru atau Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta membuat aktivitas di sana tersendat.

Utamanya, warga yang ingin ke pelelangan ikan Muara Baru terhambat. Pasalnya, sepeda motor dan kendaraan roda empat banyak yang mogok. ”Tanggul di sebelah timur yang jebol. Saya sudah minta kontraktor segera memperbaiki tanggul itu,” ujar Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta, Rahmat Irawan kemarin (6/6).  

Menurutnya, pihaknya berupaya maksimal mengatasi banjir pasang. Ykani mengerahkan empat unit pompa untuk mengurangi genangan rob. ”Namun kami harapkan supaya proyek rehabilitasi tanggul yang rusak segera diperbaiki,” ungkapnya juga. 

Sementara itu, Kapolsek Metro Muara Baru, AKP Mulyana, mengungkapkan banjir berlangsung sejak Senin dinihari (6/6). ”Tadi pagi (kemarin) tanggul jebol. Jadi banjir air rob,” ujarnya, Senin (6/6). Dijelaskan Mulyana juga, jebol tanggul terjadi di sisi bagian timur Tempat Pelelangan Ikan Muara Baru. 

Namun, hingga kini ia tidak mengetahui apa penyebab jebolnya tanggul tersebut. ”Tanggul jebol di sisi timur, kita sedang koordinasi dengan kepala pelabuhan. Nanti beliau yang menjelaskan tentang terjadinya banjir rob ini,” terang perwira pertama Polri itu yang juga kantornya juga tergenang banjir.

Meski begitu, dia memastikan aktivitas di tempat pelelangan ikan Muara Baru tidak lumpuh tapi hanya terhambat. Tempat pelelangan ikan tetap buka seperti biasa, sejak pukul 16.00 WIB.  ”Tapi memang terhambat akibat banjir ini karena mobil yang ingin ke pelelangan ikan juga  terhambat,” paparnya juga. 

Sementara itu, walapun genangan juga melanda hingga halaman parkir Mapolsek Kawasan Muara Baru, pelayanan di sana tetap buka seperti biasa.  ”Kami juga sampaikan kepada masyarakat, pelayanan di kantor Kawasan Polsek Pelabuhan Muara Baru tetap buka seperti biasa. Walaupun ada banjir air pasang,” paparnya juga. 

JAKARTA - Warga Jakarta Utara semakin was-was dengan kondisi tanggul di wilayah mereka. Hal ini karena terus berulangnya kasus tanggul jebol. Setelah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News