Obama Beber Pesona Indonesia di Depan Ribuan Diaspora

Obama Beber Pesona Indonesia di Depan Ribuan Diaspora
Barack Obama di Candi Prambanan. Foto: REUTERS

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama benar-benar terkesan oleh liburannya bersama keluarganya di Indonesia. Obama pun menuturkan kesannya tentang liburan di Indonesia secara lugas, jujur dan tulus.

Berpidato pada Kongres Diaspora Indonesia di Jakarta, Sabtu (1/7), Obama secara terbuka berbicara tentang betapa indahnya Indonesia. Obama dan keluarganya memang menikmati liburan di Bali dan Yogyakarta dengan mengunjungi berbagai tempat wisata.

Di hadapan ribuan peserta Kongres Diaspora Indonesia di hall Kota Kasablanka Jakarta Selatan, Obama membeber kesannya. Ribuan diaspora Indonesia yang berasal dari Amerika Serikat, China, Meksiko, Jerman, Suriname, Qatar, Oman, Brunei Darusalam, Prancis, Belanda dan Myanmar dengan saksama mendengarkan 30 menit pidato Obama yang saat itu mengenakan setelan jas berwarna abu-abu dengan kemeja putih. 

Obama dalam pidatonya tak jarang membagi pengalamannya saat berwisata ke Candi Borobudur yang megah. Menurutnya, keberadaan candi Buddha terbesar di dunia itu merupakan bukti tingginya toleransi di Indonesia.

"Dan ketika melihat Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha, di tengah negara muslim, Candi Prambanan yang Hindu dan dilindungi negara muslim, wayang kulit dan Ramayana di negara muslim, semangat Indonesia haruslah toleransi. Dan itu juga terlihat dari gereja dan mesjid yang bersebelahan," kata Obama yang disambut dengan tepuk tangan meriah hadirin. 

Obama juga menceritakan pengalamannya berwisata ke Bali dan Yogyakarta, dan menyebut Indonesia sebagai "bagian dari diri saya". Seperti diketahui, Obama selama ini memang dikenal memiliki kedekatan dengan Indonesia, karena sempat menghabiskan beberapa tahun masa kecilnya di Jakarta. Dirinya pernah berjanji setelah jabatannya usai, negara Asia pertama yang dikunjungi yaitu Indonesia. 

"Saya bilang ke Presiden Jokowi, negara Asia yang akan saya kunjungi pertama kali setelah tidak lagi menjabat Presiden adalah Indonesia. Itu karena saya percaya dengan masa depan negeri ini," kata Obama.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai kehadiran Obama dan Diaspora Indonesia ini sangat penting dalam pengembangan turisme. Dirinya mengapresiasi aktivitas reuni yang digelar Diaspora Indonesia dengan mengundang orang ke tanah air itu. 

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama benar-benar terkesan oleh liburannya bersama keluarganya di Indonesia. Obama pun menuturkan kesannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News