Obama Jadi Inspirasi Generasi Muda Indonesia

Obama Jadi Inspirasi Generasi Muda Indonesia
Obama Jadi Inspirasi Generasi Muda Indonesia

JAKARTA - Politisi muda dari Partai Golkar Yuddy Chrisnandi menyebut, munculnya capres muda dari Partai Demokrat di AS, Barack Obama, memberikan inspirasi tersendiri bagi politisi muda di Indonesia untuk terjun ke Pilpres 2009.

Ia mengakui, fenomena Barack Obama dalam proses pemilihan Presiden AS memberi inspirasi tersendiri bagi kebangkitan kaum muda global. "Barack Obama seolah menjadi magnet bagi kebangkitan kaum muda di seluruh dunia," ulasnya dalam seminar bertema “Kebangkitan Politisi Muda Dalam Rangka 100 Tahun Kebangkitan Nasional Indonesia,” yang diselenggarakan Kaukus Politisi Muda Perempuan Indonesia, di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Senin (11/8).

Dikatakannya bahwa pada 2004, senator dari Ilinois itu baru saja diangkat sebagai senator dan dalam kurun waktu empat tahun terakhir, dia telah berubah menjadi episentrum perhatian seluruh dunia. Obama, katanya, tergugah dengan banyak persoalan negaranya, mulai dari masalah luar negeri yang kacau balau hingga masalah ekonomi yang sedang terpuruk.

Kendati demikian, Yuddy mengatakan bahwa kebangkitan pemuda di Indonesia ini tidak hanya diilhami oleh kemunculan Obama di AS, Hugo Chaves di Venezuela atau Ahmadinejad di Iran, tetapi benar-benar muncul atas kesadaran bersama untuk menyelesaikan segala persoalan bangsa dengan cara yang juga luar biasa.

Menurut dia, bangsa ini membutuhkan pemimpin dengan energi extra untuk menyelesaikan persoalan mendasar, yakni kemiskinan, kebodohan, ketergantungan pada asing dan KKN. Sementara energi yang besar tersebut dimiliki oleh kelompok-kelompok yang usianya masih muda. "Sejarah perjalanan bangsa ini juga banyak diwarnai oleh pemikiran orang-orang muda yang membangkitkan semangat dan nasionalisme," ujarnya seraya merujuk berbagai peran sejarah yang dimainkan Soekarno, Moh Hatta, Dr Soetomo ataupun Wahidin Sudirohusodo selagi mereka masih muda.(eyd)

JAKARTA - Politisi muda dari Partai Golkar Yuddy Chrisnandi menyebut, munculnya capres muda dari Partai Demokrat di AS, Barack Obama, memberikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News