Obama Lobi Blatter untuk Tuan Rumah PD

Obama Lobi Blatter untuk Tuan Rumah PD
SUNDUL - Foto menarik yang diambil dua pekan lalu ini, memperlihatkan Obama tengah menyundul bola saat memasuki Ruang Oval kantornya di Washington DC, usai menjamu rombongan tim sepakbola Colombus Crew, di Rose Garden, Gedung Putih. Foto: AP Photo/Alex Brandon.
WASHINGTON DC - Presiden AS Barack Obama menunjukkan minatnya yang besar terhadap sepakbola, dengan melakukan sebuah 'lobi penting', Senin (27/7) waktu setempat, langsung di kantornya, Gedung Putih. Tepatnya, Obama mendesak pihak FIFA untuk memberikan "pertimbangan kuat" terhadap pengajuan AS sebagai calon tuan rumah Piala Dunia (PD), pada tahun 2018 atau 2022.

Hal itu dinyatakan Obama langsung kepada Presiden FIFA Sepp Blatter, dalam pertemuan khusus keduanya di Gedung Putih. Dalam pembicaraan dengan sosok utama lembaga otoritas sepakbola dunia itu, Obama antara lain menggarisbawahi keyakinannya bahwa menjadi tuan rumah event tersebut bakal membantu meningkatkan keberadaan (olahraga) sepakbola di AS.

Blatter sendiri, seperti diberitakan CNN, dalam sebuah konferensi pers tak lama kemudian, menyatakan bahwa ia memiliki tugas untuk berlaku adil kepada seluruh 11 negara yang telah mengajukan diri, khususnya untuk jadi tuan rumah PD 2018. Namun Blatter juga mengaku bahwa Obama meminta kepadanya untuk "membuat langkah berikutnya terhadap sepakbola AS".

Tahun 1994 adalah terakhir kalinya AS menjadi tuan rumah salah satu event terbesar olahraga dunia ini. Saat itu, kendati sepakbola masih dalam posisinya yang (dikenal secara) terbatas di negeri itu, turnamen tersebut disebut-sebut sebagai yang terbaik yang dihadiri khalayak sepanjang sejarah penyelenggaraannya.

WASHINGTON DC - Presiden AS Barack Obama menunjukkan minatnya yang besar terhadap sepakbola, dengan melakukan sebuah 'lobi penting', Senin (27/7)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News