Obama Santai, SBY Tegang

Obama Santai, SBY Tegang
INA-USA : Presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengunjungi Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, di Istana Merdeka, Selasa (9/11). Foto: Mustafa Ramli/Jawa Pos -Pool
JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Barack Obama tampak menikmati kunjungan perdananya ke Indonesia. Sejak menjejakkan kaki di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, bersama Ibu Negara AS Michelle, Obama tak henti menebar senyum ramah.

Begitu keluar dari Air Force 1, pesawat kepresidenan AS, Obama menyalami dan mengajak ngobrol satu per satu, mulai dari Menlu Marty Natalegawa hingga Gubernur DKI Fauzi Bowo. Sampai di Istana, Obama juga terus menampakkan wajah gembiranya di setiap sesi. Mulai dari upacara kenegaraan, pertemuan bilateral, hingga sesi jumpa pers.

"Terima kasih, Selamat sore," sapa Obama mengawali sesi jumpa pers untuknya. Obama mengatakan, dirinya selalu bersahabat dengan Indonesia. "Kunjungan ini menandai saya ke masa kecil saya. Tapi saya banyak tidak ingat, karena waktu saya ke Jakarta adalah Sarinah (Mal paling megah kala Obama kecil, Red), itu sekarang bangunan yang paling pendek. Hari ini sebagai presiden saya berfokus bukan pada masa lalu tapi masa depan," kata Obama.

Obama juga menjawab pertanyaan tentang kesan tentang masa kecilnya, yang ditanyakan oleh seorang wartawan asal AS. "Saya rasa itu luar biasa untuk kembali (ke Indonesia). Kalau kita kunjungi suatu tempat yang sudah kita lewati dalam masa anak-anak dan sebagai presiden, membuat 'disorientasi' karena lanskapnya berubah sekali," kata Obama.

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Barack Obama tampak menikmati kunjungan perdananya ke Indonesia. Sejak menjejakkan kaki di Bandara Halim Perdanakusuma,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News