Obat Anti-Seizure Bisa Turunkan Berat Badan, Aman?

Obat Anti-Seizure Bisa Turunkan Berat Badan, Aman?
Penderita obesitas. Foto/ilustrasi: Daily Telegraph

jpnn.com - Jika ada cara untuk menurunkan berat badan dengan aman sambil bersantai di sofa dan menonton Real Housewives, itu pasti sesuatu yang ingin kita ketahui.

Well, beberapa orang mengatakan bahwa Topamax adalah obat penurun berat badan ajaib yang telah ditunggu dunia.

Obat ini dirancang untuk mengobati dan mencegah kejang dan migrain, tetapi orang yang meminumnya mulai memperhatikan bahwa mereka juga kehilangan berat badan.

Bahkan, pembuat Topamax secara khusus menuliskan "penurunan berat badan" sebagai efek samping yang umum dari mengonsumsi obat.

Namun, itu adalah obat yang dibuat untuk membantu mengendalikan kejang dan migrain — bukan penurunan berat badan — yang pasti menimbulkan bendera merah jika Anda berpikir untuk mengonsumsinya hanya untuk menurunkan berat badan.

"Obat ini memang telah disetujui oleh Food and Drug Administration sebagai obat yang aman untuk mengobati kejang dan migrain, tetapi ini bukan obat yang biasanya direkomendasikan oleh dokter untuk menurunkan berat badan," kata seorang ahli bedah bariatrik dan direktur medis MemorialCare Surgical Weight Loss Pusat di Pusat Medis Orange Coast di Fountain Valley, California Peter LePort, MD, seperti dilansir laman MSN, Selasa (29/5).

Topamax hadir dengan banyak efek samping potensial lainnya yang benar-benar tidak ingin Anda alami. Misalnya, obat ini bisa meningkatkan risiko pikiran untuk bunuh diri, masalah penglihatan yang bisa menyebabkan kebutaan, peningkatan tingkat asam dalam darah (penyebab tulang lunak dan batu ginjal) dan cacat lahir jika Anda mengonsumsinya ketika sedang hamil.

Beberapa penelitian telah melihat Topamax dan penurunan berat badan. Satu, yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Research and Clinical Practice, menganalisis penelitian yang ada dan menemukan bahwa mengonsumsi Topamax menyebabkan rata-rata penurunan berat badan sekitar 3,4 kg pada pasien obesitas dengan diabetes tipe 2.

Jika ada cara untuk menurunkan berat badan dengan aman sambil bersantai di sofa dan menonton Real Housewives, itu pasti sesuatu yang ingin kita ketahui.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News