Obesitas Pegaruhi Tingkat Kecerdasan?

Obesitas Pegaruhi Tingkat Kecerdasan?
Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - OBESITAS berbahaya bagi kesehatan. Selain berdampak buruk bagi kesehatan, kabarnya kondisi ini juga berdampak buruk pada kecerdasan.

Tingkat kecerdasan seorang individu umumnya diukur menggunakan intelligence quotient (IQ). Anggapan yang dianut adalah semakin tinggi IQ seseorang, semakin cerdas orang tersebut.

Lalu bagaimana hubungan antara obesitas dan kecerdasan?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan American Academy of Neurology mengungkapkan bahwa semakin tinggi body mass index (BMI) atau indeks massa tubuh (IMT) seseorang, semakin rendah performa pada pemeriksaan kognitif.

Selain penelitian tersebut, masih ada banyak penelitian lainnya yang juga menyimpulkan bahwa obesitas dikaitkan dengan nilai IQ yang lebih rendah.

Namun, penelitian dari Kanazawa et al pada 2014 menyampaikan bahwa hubungan sebab/akibat pada obesitas dan kecerdasan belum bisa ditentukan secara pasti.
Menurut studi ini, IQ rendahlah yang meningkatkan kemungkinan terjadinya obesitas, bukan sebaliknya.

Selain itu, para pakar juga menyampaikan bahwa kecerdasan merupakan hal yang mulai bisa diamati sejak usia yang sangat dini, dan pergerakannya cukup stabil seiring dengan bertambahnya usia.

Di sisi lain, obesitas merupakan sesuatu yang bisa terjadi pada usia berapa saja.

OBESITAS berbahaya bagi kesehatan. Selain berdampak buruk bagi kesehatan, kabarnya kondisi ini juga berdampak buruk pada kecerdasan. Tingkat kecerdasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News