Obesitas Turunkan Kadar Vitamin D Dalam Tubuh

Obesitas Turunkan Kadar Vitamin D Dalam Tubuh
Obesitas Turunkan Kadar Vitamin D Dalam Tubuh
LONDON - Kegemukan tak hanya menimbulkan berbagai risiko kesehatan. Berdasarkan penelitian terbaru, kegemukan juga dapa  menurunkan kadar vitamin D dalam tubuh.

Studi terbaru atas efek dari obesitas ini muncul dalam laporan di jurnal PLOS Medicine, London. Diberitakan BBC, Rabu (6/2), para peneliti menganalisis data genetik dari 21 penelitian dengan total responden 42.000 orang. Dari riset itu ditemukan, setiap kenaikan 10 persen massa tubuh yang biasanya digunakan sebagai indikator lemak tubuh, menyebabkan penurunan empat persen ketersediaan vitamin D dalam tubuh.

Seperti diketahui, vitamin D disimpan dalam jaringan lemak. Kapasitas penyimpanan yang lebih besar dalam orang-orang menderita obesitas dapat mencegah vitamin D tersebut beredar di dalam aliran darah.

Ketua peneliti Dr Elina Hypponen, dari University College London Institute of Child Health, mengatakan, studi itu menyoroti pentingnya pemantauan dan mengobati kekurangan vitamin D pada orang yang mengalami obesitas. "Vitamin D secara alami dibuat dalam kulit setelah paparan sinar matahari namun tersedia pula dalam suplemen diet," ujarnya.

LONDON - Kegemukan tak hanya menimbulkan berbagai risiko kesehatan. Berdasarkan penelitian terbaru, kegemukan juga dapa  menurunkan kadar vitamin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News