Oh Ternyata Massa Prabowo-Sandi dan Pemilih PKS Paling Banyak Percaya Isu Kebangkitan PKI

Oh Ternyata Massa Prabowo-Sandi dan Pemilih PKS Paling Banyak Percaya Isu Kebangkitan PKI
Presiden Joko Widodo bersama Prabowo Subianto. Ilustrasi Foto: Natalia/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemilih Prabowo Subianto-Sandiaga Uno rupanya lebih banyak memercayai isu kebangkitan PKI daripada massa pendukung Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin pada Pilpres 2019.

Hal itu tertuang dalam survei teranyar Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) berjudul Sikap Publik pada Pancasila dan Ancaman Komunis yang dilaksanakan pada 15-21 September 2021.

Sebanyak 27 persen pemilih Prabowo-Sandi percaya sekarang ini terjadi kebangkitan PKI di Indonesia. Di sisi lain, hanya 9 persen massa Jokowi-Maruf yang percaya isu kebangkitan PKI.

"Warga yang percaya sekarang sedang terjadi kebangkitan PKI lebih banyak pada massa pemilih Prabowo-Sandi," tulis survei SMRC seperti dilihat jpnn.com, Jumat (8/10).

Survei yang sama juga menghitung demografi orang yang percaya isu kebangkitan PKI berdasarkan pilihan partai.

PKS menjadi parpol di DPR yang massa pemilihnya banyak memercayai isu kebangkitan PKI. Selanjutnya diikuti Gerindra, Demokrat, dan NasDem.

Sebanyak 34 persen massa pemilih PKS memercayai kebangkitan PKI sedang terjadi di Indonesia. Berturut-turut setelah Gerindra (27 persen), Demokrat (26 persen), dan NasDem (19 persen).

PDIP menjadi parpol di DPR yang massa pemilihnya paling sedikit memercayai isu kebangkitan PKI di Indonesia dengan 6 persen.

Pemilih Prabowo-Sandi rupanya lebih banyak memercayai isu kebangkitan PKI daripada massa pendukung Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin pada Pilpres 2019.