JPNN.com

OJK Beberkan Pelanggaran Mantan Direksi PT TPS Food

Kamis, 04 Maret 2021 – 21:07 WIB
OJK Beberkan Pelanggaran Mantan Direksi PT TPS Food - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Pemeriksaan Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Edi Broto Suwarno membeberkan bukti-bukti manipulasi laporan keuangan yang dilakukan oleh mantan direksi PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA), Joko Mogoginta dan Budhi Istanto.

Hal itu diungkapkan Edi dalam sidang lanjutan gugatan Forum Investor Ritel AISA (Forsa) terhadap Joko dan Budhi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (3/3).

Menurut Edi, kedua terdakwa dengan sengaja menuliskan enam perusahaan afiliasi sebagai pihak ketiga dalam laporan keuangan AISA pada 2017.

“Bukti pemulaan kedua terdakwa dalam pasal 107 UU 8/1995 tentang Pasar Modal karena memenuhi unsur menipu dan menyembunyikan informasi,” kata Edi.

Adapun dalam beleid pasar modal tersebut pelanggar diancam pidana penjara maksimum lima tahun dan denda paling banyak Rp5 miliar.

Joko dan Budhi, lanjut Edi, merupakan pihak yang bertanggung jawab dalam laporan keuangan tersebut, mengingat keduanya yang mengesahkan laporan keuangan sampai akhirnya dilaporkan kepada otoritas bursa, dan diakses oleh investor.

“Tindakan kedua terdakwa memberikan dampak kerugian pada sistem pasar modal, karena informasi material adalah dokumen dasar buat para investor. Kalau sumber informasi utamanya tidak benar, akan membuat buruk industri pasar modal,” terang dia.(chi/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...