Oknum Anggota Dewan dari Nasdem Terseret Kasus Narkoba, Pengamat Merespons, Simak

Oknum Anggota Dewan dari Nasdem Terseret Kasus Narkoba, Pengamat Merespons, Simak
Pengamat Kebijakan Publik Provinsi Riau Dr Rawa El Amady. Foto: Dokumentasi pribadi kepada JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Kebijakan Publik Provinsi Riau Dr Rawa El Amady menyebut Partai Nasdem harus mengambil tindakan terkait kadernya yang terbukti sebagai pengguna narkoba.

Rawa menyampaikan hal itu, Senin (17/10) menanggapi anggota DPRD Kuansing Riko Nanda yang merupakan kader Partai Nasdem yang terseret kasus narkotika.

Saat ini, kader Nasdem tersebut sedang menjalani rehabilitas narkoba di Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Riau karena terbukti positif menggunakan narkotika.

"Seharusnya Nasdem mengambil tindakan kepada kadernya jika partai tidak ingin disebut membela pengguna narkoba,” kata Rawa.

Menurut Rawa, anggota DPRD dapat diberhentikan apabila melanggar larangan sebagaimana tercantum pada Undang-undang.

"Salah satu alasan pemberhentian anggota DPRD adalah jika melakukan tindak pidana (termasuk menggunakan narkoba, red),” kata Rawa.

Akademisi Unri ini juga menyinggung terkait hasil assesment yang menganjurkan agar Riko Nanda direhabilitasi. Bahwa seharusnya proses tersebut itu harus diputuskan oleh pengadilan.

Sebelumnya, politikus Partai NasDem Riko Nanda digerebek polisi dari Polres Kuansing terkait penyalahgunaan narkoba pada 8 Agustus 2022 lalu.

Pengamat Kebijakan Publik Provinsi Riau Dr Rawa El Amady merespon anggota Dewan dari Partai Nasdem yang terseret kasus narkoba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News