Kamis, 13 Desember 2018 – 16:17 WIB

Olahraga Ini Ampuh Bikin Anda Awet Muda

Senin, 03 Desember 2018 – 04:41 WIB
Olahraga Ini Ampuh Bikin Anda Awet Muda - JPNN.COM

jpnn.com - Olahraga bermanfaat untuk membuat badan sehat atau fit. Namun, ada juga orang-orang yang berolahraga agar terlihat lebih awet muda. Sebenarnya, apakah ada olahraga yang bisa bikin awet muda?

Baru-baru ini, para peneliti dari Universitas Leipzig di Jerman telah merumuskan jenis latihan fisik yang bisa memperlambat proses penuaan biologis. Mereka mempelajari panjang telomer dan aktivitas enzim telomerase pada peserta yang terlibat dalam salah satu dari tiga jenis latihan ini, yaitu: olahraga ketahanan (endurance training), olahraga interval intensitas tinggi (high-intensity interval training), atau olahraga kekuatan otot (resistance training).

Telomer adalah "topi pengaman" yang melindungi untaian materi genetik di dalam sel-sel manusia. Sedangkan, enzim telomerase membantu mempertahankan panjang telomere. Seiring bertambahnya usia, telomerase menjadi kurang aktif, dan hal ini memengaruhi penuaan sel.

Kembali ke soal jenis olahraga yang diteliti. Terkait olahraga ketahanan, latihan ini dimaksudkan untuk membantu meningkatkan stamina. Contoh olahraga ketahanan adalah berlari, berenang, dan bersepeda.

Sementara itu, jenis olahraga interval intensitas tinggi sama dengan olahraga ketahanan. Hanya saja, dalam olahraga ini seseorang harus melakukan olahraga intens dalam waktu singkat. Terakhir, olahraga kekuatan otot adalah olahraga yang berguna untuk meningkatkan kekuatan fisik seseorang, seperti angkat beban.

Lalu olahraga apa yang cocok?

Dalam studi yang dipimpin oleh Prof. Ulrich Laufs dari Universitas Leipzig ini, para peneliti awalnya merekrut 266 peserta muda dan sehat, tapi yang tidak menjalani gaya hidup aktif. Para peserta bisa dikatakan adalah pemuda yang jarang olahraga.

Para peneliti secara acak membagi peserta penelitian menjadi empat kelompok, yakni peserta yang mengikuti olahraga ketahanan, peserta yang mengikuti olahraga interval intensitas tinggi, peserta yang mengikuti olahraga kekuatan otot, dan mereka yang tidak berolahraga.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar