Olahraga Ringan 10 Menit untuk Jaga Daya Ingat Anda

Olahraga Ringan 10 Menit untuk Jaga Daya Ingat Anda
Jalan kaki. Foto Vemale

jpnn.com, JAKARTA - Hanya 10 menit melakukan olahraga ringan mungkin sudah cukup untuk meningkatkan ingatan Anda.

Mengapa? Karena olahraga meningkatkan konektivitas antarbagian di otak Anda, yang juga akan meningkatkan daya ingat Anda.

Studi yang diterbitkan dalam Proceedings of National Academy of Sciences, mempelajari dampak dari 10 menit latihan ringan pada satu kelompok yang diteliti, termasuk yoga dan tai chi. Ditemukan bahwa mereka akan lebih mudah mengingat di mana mereka meninggalkan kunci mobil mereka.

Gagasan di balik penelitian ini adalah menemukan cara sederhana untuk memperlambat proses kehilangan memori dan penurunan kognitif pada orang dengan tingkat aktivitas fisik rendah.

Bagian otak yang terkena dampak adalah hippocampus — suatu wilayah otak yang kritis terhadap penyimpanan ingatan dan ingatan mereka.

"Hippocampus sangat penting untuk menciptakan ingatan baru. Hippocampus adalah salah satu daerah pertama di otak yang memburuk seiring bertambahnya usia - dan jauh lebih parah pada penyakit Alzheimer," kata wakil pimpinan proyek, Michael Yassa, profesor UCI dan Chancellor's Fellow of neurobiology & behaviour, seperti dilansir laman India Times, Minggu (6/1).

"Meningkatkan fungsi hippocampus bisa meningkatkan memori dalam pengaturan sehari-hari," lapor Science Daily.

"Apa yang kami amati adalah bahwa periode 10 menit latihan menunjukkan hasil segera sesudahnya," tambah Yassa.

olahraga meningkatkan konektivitas antarbagian di otak Anda, yang juga akan meningkatkan daya ingat Anda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News