Olahraga Tepat Saat Berpuasa

Olahraga Tepat Saat Berpuasa
Instruktur tengah mencontohkan olahraga yang cocok dilakukan saat puasa. FOTO : JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Berhenti berolahraga karena berpuasa? Itu tentu langkah yang tidak tepat. Sebab, meski sedang berpuasa, metabolisme tubuh tetap harus terjaga. Salah satu caranya ya dengan tetap berolahraga. Namun yang perlu diatur adalah pemilihan waktu dan jenis olahraganya.

”Tentu itu agar bisa memberikan hasil yang optimal serta tidak mengganggu aktivitas berpuasa,” kata Regional Marketing Manager Celebrity Fitness Rara Rachmawati.

Perempuan cantik berhijab itu menambahkan, sebelum berolahraga ada baiknya mengetahui terlebih dahulu kondisi fisik. Itu penting untuk menentukan intensitas dan kuantitas olahraga. ”Berlatih beban dan aerobic tetap penting, asal sesuai porsinya,” jelas dia.

Menurut Rara, jika berencana berolahraga pada pagi hari pastikan tidak terlalu memaksakan karena masih ada waktu cukup panjang sebelum berbuka. Sedang, berlatih pada sore hari sebaiknya dilakukan sekitar 1-2 jam sebelum atau sesudah berbuka.

Apa pun jenis olahraga yang dilakukan tetap harus diawali dengan warm up selama 5 – 10 menit, dan diakhiri dengan cooling down juga selama 5-10 menit.

Selain olahraga, yang tidak kalah penting dijaga supaya kondisi tubuh prima selama Ramadan adalah memerhatikan asupan makanan saat sahur maupun buka puasa.

“Campur karbohidrat dan protein adaiah pilihan terbaik untuk makanan saat makan sahur,” ungkapnya.

Rara menyarankan agar memilih karbohidrat yang tinggi serat dengan nilai indeks glisemik rendah semisal buah dan sayuran. Nilai indeks glisemik rendah memiliki efek pelepasan waktu.

Berhenti berolahraga karena berpuasa? Itu tentu langkah yang tidak tepat. Sebab, meski sedang berpuasa, metabolisme tubuh tetap harus terjaga. Salah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News