Oleh-Oleh dari Perjalanan ke Papua (6-Habis)

Disebut Amerikanya Papua, SIM Keluaran Freeport Sendiri

Oleh-Oleh dari Perjalanan ke Papua (6-Habis)
Foto: Nany Wijaya/JAWA POS
Berkunjung ke Timika tanpa mampir di Kuala Kencana dan Tembagapura sama saja bohong. Sebab, inti Timika ya dua kota itu. Untuk menyempurnakan kunjungan itu, naik ke Grasberg, tambang emas terbesar dunia milik Freeport Indonesia. Sayang, untuk bisa ke tempat itu harus punya akses khusus. Laporan wartawan Jawa Pos NANY WIJAYA yang berhasil mengunjungi tiga lokasi istimewa itu.

KESAN bahwa Timika kotanya Freeport terasa sekali sejak langkah pertama memasuki kota itu. Di pintu utama Bandara Mozes Kilangan, Timika, identitas itu sudah ditunjukkan dengan adanya ban bekas truk pengangkut hasil tambang dan buldoser di dekat gerbang masuk kawasan itu.

Bukan hanya itu, hotel terbaik di kota tersebut juga milik Freeport sekarang. Namanya Hotel Rimba Papua. Hotel yang bangunannya didominasi kayu -mulai pilar hingga lantai- itu dulu bernama Sheraton Timika. Tetapi, sejak beberapa tahun terakhir sudah diambil alih Freeport dan namanya pun diubah.

Berkunjung ke Timika tanpa mampir di Kuala Kencana dan Tembagapura sama saja bohong. Sebab, inti Timika ya dua kota itu. Untuk menyempurnakan kunjungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News