Once Mekel Nyaris Jadi Korban Gempa Palu

Once Mekel Nyaris Jadi Korban Gempa Palu
Once Mekel saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Foto: Djainab Natalia Saroh/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Gempa disusul tsunami di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah, mengingatkan Once Mekel pada pengalaman masa kecilnya.

Menurut mantan vokalis Dewa 19 ini, Sulawesi memang sudah lumrah terjadi gempa. "Saya waktu kecil, pas masih balita kan tinggal di Manado. Di sana istilah gempa itu orang sana bilang tanah goyang, di sana sering," kata Once Mekel saat mengisi acara Gitaris Indonesia Peduli Negeri di Bentara Budaya Jakarta, Jakarta Barat, belum lama ini.

Pelantun 'Dealova' itu bahkan pernah memiliki pengalaman tak mengenakan soal gempa Sulawesi. Dia pernah terjatuh dari tangga karena gempa. Beruntung, dia tak mengalami trauma.

"Saya pernah jatuh dari tangga karena gempa gitu pas kecil, nggaktrauma sih untungnya, dan memang frekuensi gempanya sering ketimbang di Jawa," lanjutnya.

Pada gempa yang menimpa Sulawesi Tengah pertama kali tanggal 28 September lalu, Once dan band-nya sebetulnya tengah bersiap bertolak ke Palu untuk memenuhi undangan konser di salah satu hotel di sana.

"Kebetulan tanggal 29 kemarin saya harusnya main juga di Palu, dan itu sudah direncanakan begitu lama, saya ada jadwal untuk main di sebuah hotel tanggal 29 (September), kemudian dapat kabar 29 pagi bahwa kami tidak bisa pergi ke Palu karena kejadian ini," paparnya.

Once merasa beruntung karena Tsunami dan gempa itu terjadi sehari sebelumnya sehingga dia dan rekan-rekan band-nya tidak menjadi korban gempa berkekuatan 7,7 skala richter itu. Namun bukan berarti iia tak menyesalkan kejadian tersebut.

"Saya bersyukur nggak sempat ke sana sehari sebelumnya ya, kalau berangkat saya terperangkap di sana. Sekalipun saya bersyukur bisa terhindar dari ini, saya paham dan sedih bagaimana orang yang dicintai jadi korban, banyak fasilitas hancur, rumah, kita sebagai bangsa Indonesia harus menunjukan sikap di saat-saat ini," tutupnya. (yln/JPC)


Gempa disusul tsunami di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah, mengingatkan Once Mekel pada pengalaman masa kecilnya.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News