Onde Mande! Bumbu Rendang dan Kalio Padang Siap Menginvasi Norwegia

Onde Mande! Bumbu Rendang dan Kalio Padang Siap Menginvasi Norwegia
Arsip - Musisi Norwegia, Audun Kvitland (ketiga kanan), mencoba mengaduk rendang saat berwisata kuliner di Rumah Randang, Padang, Sumatra Barat, Senin (5/12). Rumah Randang yang menyatukan usaha rendang dari 30 UMKM di Padang itu menyajikan wisata kuliner dengan demo pembuatan rendang untuk pengunjung. Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/kye/16

jpnn.com, OSLO - Indonesia akan mengekspor ke Norwegia satu ton bumbu rendang dan bumbu kalio hasil buatan para ibu yang tergabung dalam koperasi.

Satu ton bumbu rendang dan bumbu kalio karya para ibu yang tergabung dalam Koperasi Wanita Ikatan Ahli Boga (IKABOGA) kota Padang akan segera hadir dan tersaji di Norwegia, demikian menurut KBRI Oslo dalam keterangannya pada Senin.

Bumbu rendang dan kalio tersebut akan dikirim secara bertahap ke Norwegia oleh Scannesia AS, yakni perusahaan yang dimiliki oleh diaspora Indonesia asal Sumatera Barat, Emmy Jørgensen.

Scanesia adalah perusahaan Norwegia pemasok dan pengekspor makanan otentik dan makanan laut dari Asia.

Kedua bumbu tradisional Indonesia tersebut diperkirakan akan tersedia di sejumlah swalayan di Norwegia, termasuk Storcash Norge, pada Oktober 2022.

Pelepasan ekspor bumbu rendang dan kalio itu dilakukan secara resmi oleh Gubenur Sumatera Barat Mahyeldi pada Senin pagi (29/8) di halaman kantor Gubernur Sumbar itu.

Duta Besar RI untuk Norwegia Todung Mulya Lubis dalam acara pelepasan itu menyampaikan rasa bangga dan menekankan tentang potensi besar pasar Norwegia bagi produk Indonesia terutama produk kuliner.

"Masyarakat Norwegia sangat petualang dan senang mencoba hal baru, termasuk makanan. Kami berharap Pemprov Sumbar bisa membantu diaspora Indonesia agar bisa mendirikan restoran padang di Oslo," ujar Todung.

Indonesia akan mengekspor ke Norwegia satu ton bumbu rendang dan bumbu kalio hasil buatan para ibu yang tergabung dalam koperasi

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News