Operasi Cangkok Hati Ramdan Sukses

Berlangsung 12 Jam, Lebih Lama dari Perkiraan

Operasi Cangkok Hati Ramdan Sukses
Operasi Cangkok Hati Ramdan Sukses
SURABAYA -- Surabaya berhasil membuat sejarah di dunia kedokteran di Indonesia Timur. Transplantasi liver pertama di RSUD dr Soetomo kemarin (24/4) berlangsung lancar.  "The operation is successful (operasinya sukses, Red). Liver yang didonorkan sudah dicangkokkan dan tidak ada masalah dengan pembuluh darah," kata Prof Dr dr Shen Zhongyang, presiden Oriental Organ Transplant Center (OOTC), Tianjin, Tiongkok.

Operasi tersebut memang terlaksana atas kerja sama RSUD dr Soetomo (RSDS) dengan OOTC yang berada di bawah Tianjin First Central Hospital. Lembaga tersebut mengirimkan tujuh ahli transplantasi hati. Yakni, Prof Dr dr Shen Zhongyang dan asistennya, Ellen Wei; Prof Dr dr Du Hongyin; dr Pan Cheng; dr Jiang Wentao; dr Wang Yu; serta Li Wei, perawat spesialis kamar operasi.

Namun, tim dari pusat transplantasi organ terbesar di Asia itu hanya berperan sebagai konsultan dan advisor. Hampir seluruh tindakan dalam operasi tersebut dilakukan tim dokter RSDS. Pada Januari lalu, sembilan dokter dan dua perawat spesialis dari RS milik Pemprov Jatim itu mendalami transplantasi liver di OOTC. "Tim dokter di sini sangat pandai. Kerja samanya juga sangat baik. Itulah yang membuat operasi berjalan lancar," imbuh Shen.

Cangkok hati terhadap Ramdan Aldil Saputra; 3,5; balita asal Trenggalek, dengan donor ibu kandungnya, Sulistyowati, 43, kemarin berlangsung selama 12 jam 40 menit. Mereka masuk kamar operasi di lantai 6 Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSDS sejak pukul 08.00. Operasi dinyatakan tuntas sekitar pukul 19.30 (kronologi operasi selengkapnya lihat grafis).

SURABAYA -- Surabaya berhasil membuat sejarah di dunia kedokteran di Indonesia Timur. Transplantasi liver pertama di RSUD dr Soetomo kemarin (24/4)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News