Persiapan Operasi Cangkok Hati Ramdan Sempurna

Tim Transplan Tianjin Cek Detil Perlengkapan RSUD dr Soetomo

Persiapan Operasi Cangkok Hati Ramdan Sempurna
Persiapan Operasi Cangkok Hati Ramdan Sempurna
SURABAYA - Hari ini (24/4), sekali lagi, Surabaya akan membuat sejarah di bidang kedokteran di Indonesia Timur. Karena hari ini akan dilakukan operasi cangkok hati terhadap seorang balita bernama Ramdan Aldil Saputra, dengan donor ibu kandungnya, Ny Sulistyowati.

Ramdan merupakan penderita kelainan hati bawaan atresia bilier. Saluran empedu Ramdan yang menghubungkan liver dengan usus tidak terbentuk, sehingga cairan empedu tidak bisa mengalir ke usus. Akibatnya, terjadi penumpukan cairan empedu pada liver, yang mengakibatkan sel-sel hati Ramdan mengalami kerusakan.

Hal tersebut membuat Ramdan mengalami gagal hati, dan tidak bisa memproduksi antibodi albumin dan globulin. Sehingga, daya tahan tubuhnya terhadap kuman dan virus sangat rendah. Karena itu, satu-satuya cara untuk menyelamatkan bocah kelahiran 26 September 2009 tersebut adalah dengan melakukan cangkok hati. Operasi  tersebut akan dilakukan oleh tim cangkok hati RSUD dr Soetomo Surabaya, dengan didampingi tim transplan hati dari Oriental Organ Transplant Center (OOTC), Tianjin, Tiongkok, yang berjumlah tujuh orang.

Seperti diketahui, pertengahan Januari 2010 lalu, sebanyak sembilan orang dokter ahli dan dua orang perawat spesialis dari RSUD dr Soetomo Surabaya (RSDS) berada di OOTC selama seminggu untuk mempelajari segala teknik dan prosedur transplantasi hati. Selama berada di OOTC, mereka mengikuti mengikuti lebih dari 10 kali operasi penggantian hati, di bawah bimbingan dan arahan ahli-ahli terbaik pusat transplantasi tersebut. Lima dari tujuh anggota tim OOTC yang datang ke Surabaya adalah sebagian dari para pembimbing tim RSD itu.

SURABAYA - Hari ini (24/4), sekali lagi, Surabaya akan membuat sejarah di bidang kedokteran di Indonesia Timur. Karena hari ini akan dilakukan operasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News