Sukses, Operasi Jantung Tanpa Buka Rongga Dada

Kerjasama RSUD dr Soetomo dengan RS Yodak, Shanghai

Sukses, Operasi Jantung Tanpa Buka Rongga Dada
Sukses, Operasi Jantung Tanpa Buka Rongga Dada
SURABAYA -  Operasi jantung invasif minimal yang pertama di Indonesia, sukses dilaksanakan di RSUD dr Soetomo Surabaya, kemarin. Bahkan, lebih cepat dari waktu yang diperkirakan. Bedah jantung invasif minimal merupakan teknologi yang memungkinkan dokter mengoperasi tanpa membuka rongga dada pasien.

Operasi kolaborasi antara tim dokter RSUD dr Soetomo dengan RS Yodak, Shanghai, Tiongkok, itu awalnya ditargetkan berlangsung empat jam. Namun, tindakan medis terhadap pasien wanita bernama Tafif Rusilawati, 45, itu ternyata bisa tuntas hanya dalam waktu dua jam lebih lima menit.

Tim dokter RSUD dr Soetomo menargetkan operasi berlangsung empat jam, karena ingin berjaga-jaga terhadap segala kemungkinan. Sebab, mereka belum memiliki pengalaman melakukan operasi dengan teknik yang juga disebut video-assisted thoracoscopy endoscopic cardiac surgery (operasi bedah jantung endoskopik) tersebut.

"Itu karena kami tidak tahu apa saja yang bisa terjadi. Tapi, ternyata tidak ada kesulitan sama sekali, jadi bisa lebih cepat," kata Prof Dr Paul Tahalele FCTS, koordinator bedah jantung Pusat Pelayanan Jantung Terpadu (PPJT) RSUD dr Soetomo kepada Jawa Pos usai operasi. Operasi kemarin memang dipandu oleh pakar bedah jantung invasif minimal dari RS Yodak. Ada tiga tenaga medis asal RS tersebut yang kemarin ikut dalam operasi. Yakni, Profesor Cheng Yunge, dr Jia Baocheng, dan Hong Xiaomao.

SURABAYA -  Operasi jantung invasif minimal yang pertama di Indonesia, sukses dilaksanakan di RSUD dr Soetomo Surabaya, kemarin. Bahkan, lebih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News