Operator Minta Pemerintah Kebut Pembebasan Lahan Tol

Proyek Mojokerto-Kertosono Rp 3,4 T Diresmikan

Operator Minta Pemerintah Kebut Pembebasan Lahan Tol
Gerbang tol Mojokerto Foto: Jawa Pos Radar Mojokerto

jpnn.com - JOMBANG – Ruas tol Mojokerto-Kertosono (Moker) seksi 1 Senin (13/10) diresmikan. Presdir PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) Wiwiek D. Santoso yang mewakili perusahaan operator tol Moker meminta pemerintah mempercepat pembebasan tanah untuk proyek jalan tol.

’’Kami mohon bantuan gubernur dan menteri PU (Pekerjaan Umum) untuk pembebasan tanah. Saat ini kami belum bisa optimal untuk menyelesaikan Moker seksi 2–4. Sebab, kami tidak punya akses untuk melakukan pembebasan sehingga pekerjaan di beberapa lahan tertunda,’’ kata Wiwiek.

Dia berharap, hingga Desember 2014, semua lahan proyek tol dibebaskan. Dengan demikian, tahun depan pembangunan fisik sudah dimulai. Sebab, Moker diproyeksikan selesai pada akhir 2015.

Wiwiek menyampaikan, hingga akhir September 2014, lahan Moker seksi 2 yang telah diserahkan pemerintah kepada MHI sebanyak 82,53 persen, seksi 3 86,75 persen, dan seksi 4 79,41 persen. ’’Sedangkan konstruksi di seksi 2 telah mencapai 47,50 persen dan seksi 3 7,70 persen. Kendala pembebasan tanah itu membuat pembangunan tol harus dilakukan secara paralel,’’ ujarnya.

Menurut Wiwiek, total nilai proyek Moker Rp 3,4 triliun. Sementara itu, Moker seksi 1 telah menghabiskan dana Rp 1,4 triliun.

Menteri PU Djoko Kirmanto menyatakan, untuk mengatasi masalah pembebasan lahan tersebut, pihaknya berupaya memberikan penjelasan yang baik kepada masyarakat. Pemerintah daerah juga diminta bekerja keras agar lebih cepat.

’’Pembebasan tanah itu bukan untuk pemerintah ataupun pengusaha jalan tol, tapi untuk kita semua. Karena harga yang diberikan kepada masyarakat juga cukup baik, kita membebaskan tanah tidak merugikan siapa-siapa. Justru memberikan keuntungan untuk semua masyarakat,’’ ungkapnya.

Gubernur Jatim Soekarwo menyambut baik rencana percepatan penyelesaian Moker tersebut. Pemprov juga telah bersinergi dengan pemerintah daerah setempat agar pembebasan lahan segera rampung.

JOMBANG – Ruas tol Mojokerto-Kertosono (Moker) seksi 1 Senin (13/10) diresmikan. Presdir PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) Wiwiek D. Santoso

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News