JPNN.com

Oposisi Australia ke Jakarta, Perjanjian Perdagangan Bebas Jadi Sorotan

Senin, 26 Agustus 2019 – 14:00 WIB Oposisi Australia ke Jakarta, Perjanjian Perdagangan Bebas Jadi Sorotan - JPNN.com

Pemimpin Oposisi Australia Anthony Albanese berkunjung ke Jakarta hari Senin (26/8/2019), menandai perjalanan pertamanya keluar negeri sejak memimpin Partai Buruh. Namun di dalam negeri dia mendapat tekanan untuk mendukung ratifikasi perjanjian perdagangan bebas kedua negara.

Perjanjian Dagang Indonesia-Australia

"Hubungan kita dengan Indonesia itu sesuatu yang mutlak," ujar Albanese seperti dilaporkan kantor berita AAP.

Menurut dia, menjadikan Indonesia sebagai tujuan kunjungan luar negeri pertamanya, menunjukkan betapa pentingnya posisi tetangga terdekat Australia ini bagi Partai Buruh yang beroposisi.

Dalam kunjungan ini dia didampingi Menlu (bayangan) Penny Wong dan anggota DPR Luke Gosling, yang ditugasi menangani hubungan ekonomi dengan Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Timor-Leste. Oposisi Australia ke Jakarta, Perjanjian Perdagangan Bebas Jadi Sorotan Photo: Perjanjian perdagangan bebas Australia - Indonesia ((IA CEPA) ditandatangani Menteri Perdagangan kedua negara pada 4 Maret 2019 di Jakarta. Perjanjian ini memerlukan ratifikasi parlemen masing-masing sebelum diberlakuklan. (Foto: AP)

Sementara itu Menteri Perdagangan Australia Simon Birmingham mendesak oposisi untuk mendukung ratifikasi perjanjian perdagangan bebas kedua negara, yang akan dilakukan di parlemen akhir tahun ini.

Perjanjian perdagangan bebas Australia - Indonesia (IA CEPA) telah ditandatangani menteri perdagan kedua negara pada 4 Maret 2019 di Jakarta. Namun perjanjian ini memerlukan ratifikasi parlemen masing-masing negara sebelum bisa diberlakukan.

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...