Optimalisasi Potensi, Aruna Belajar Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan di AS

Optimalisasi Potensi, Aruna Belajar Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan di AS
Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna, Utari Octavianty saat mengikuti IVLP soal pengelolaan perikanan berkelanjutan di AS. Foto: dokumentasi pribadi untuk JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna, Utari Octavianty mengikuti International Visitor Leadership Program (IVLP) yang dikelola oleh Kantor International Visitors di Biro Pendidikan dan Kebudayaan Deplu Amerika Serikat (AS).

Utari adalah salah satu dari 6 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan lintas profesi yang terpilih untuk mengikuti program itu selama Juni 2023.

Lima orang lainnya ialah perwakilan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia (KKP), asosiasi sarjana perikanan, private sector dan pabrik.

Program pembelajaran ini mengangkat tema tentang Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan (Sustainable Fisheries Management) yang merupakan pentahelix untuk implementasi perikanan berkelanjutan di Amerika.

Utari menyambut baik kesempatan mengikuti program tersebut lantaran Amerika merupakan salah satu market terbesar untuk ekspor produk tangkapan nelayan lokal asal Indonesia.

"Adalah kesempatan yang berarti bagi Aruna dan saya secara pribadi untuk dapat belajar mengenai Sustainable Fisheries Management yang dilaksanakan melalui program pembelajaran IVLP ini," kata Utari dalam keterangannya, Rabu (12/7).

Dia mengaku banyak hal yang dipelajari selama program tersebut dan bisa menjadi tolak ukur yang mendasari tiap keputusan strategis perusahaannya di masa mendatang.

"Apalagi Amerika masuk salah satu negara ekspor kami. Saya juga berharap semoga perikanan di Indonesia juga semakin bisa menerapkan konsep dan implementasi perikanan keberlanjutan secara lebih menyeluruh," lanjutnya.

Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna, Utari Octavianty mengikuti IVLP soal pengelolaan perikanan berkelanjutan di AS

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News