Optimalkan Produksi Migas Nasional, Pemerintah Siapkan Aturan Kurangi Emisi Karbon

Optimalkan Produksi Migas Nasional, Pemerintah Siapkan Aturan Kurangi Emisi Karbon
Pertamina menerapkan teknologi CCUS untuk meningkatkan produksi migas sekaligus mengurangi emisi. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah saat ini sedang menyiapkan aturan terkait implementasi Carbon Capture Storage (CCS)/Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS).

Aturan ini diharapkan bisa mengoptimalkan produksi migas nasional di era transisi energi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif,  mengungkapkan keberadaan aturan main dalam pelaksanaan CCS/CCUS sangat penting untuk menjamin kegiatan tersebut sudah sesuai regulasi dan tidak bermasalah.

Kepastian hukum tentu akan memberikan ketenangan bagi pelaku usaha. Arifin menjelaskan, implementasi CCS/CCUS cukup krusial.

Pasalnya, bisnis migas kini disorot sebagai salah satu bisnis yang paling banyak menyumbangkan emisi karbon.

Untuk itu teknologi CCS/CCSU ini penting agar kegiatan operasi produksi migas tetap berjalan, sementara di sisi lain dapat membantu mengurangi emisi karbon.

"Aturan (Permen CCS/CCUS) sedang disusun, supaya aturannya jelas, karena implementasi CCUS akan melibatkan banyak stakeholder, jadi kami  pastikan aman dan bisa membantu mengurangi emisi karbon," kata Arifin, Senin (28/11).

Menurut Arifin penerapan CCS maupun CCUS nanti juga bisa berkembang ke carbon trading yang akan diterapkan.

Emisi yang biasa dihasilkan dari operasional migas nantinya dapat memberikan keuntungan baru baagi pelaku usaha baik dari sisi finansial maupun produksi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News