Optimasi Lahan Rawa Percepat Realisasi Kedaulatan Pangan

Optimasi Lahan Rawa Percepat Realisasi Kedaulatan Pangan
Ilustrasi sawah. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) di bawah pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla yang ingin mencetak pertambahan sawah baru melalui terobosan optimasi lahan rawa menuai pujian.

Salah satunya dari mantan Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Siswono Yudo Husodo.

Menurut Siswono, program pertambahan cetak areal sawah baru akan mempercepat terealisasinya kemandirian dan kedaulatan pangan nasional.

"Saya mendukung usaha pemerintah untuk terus mencetak sawah baru dengan berbagai cara, terobosan inovasi dan pemanfaatan. Termasuk mengoptimasi lahan rawa," ujar Siswono, Selasa (5/2).

Siswono berharap Kementan menggandeng pemerintah daerah dalam usaha menuju pertambahan cetak sawah baru.

Contohnya, terobosan pemanfaatan lahan rawa tersebut sehingga pemerintah di daerah juga mempunyai kiat lain guna mensejahterakan masyarakatnya tanpa menunggu 'bola' dari pusat.

"Kan bisa didorong dengan alokasi pembiayaan dari APBD. Jadi enggak mengandalkan pusat saja. Kalau tidak begitu, nanti kita bisa terus impor pangan," ujar Siswono.

Siswono menuturkan, yang perlu juga diperhatikan setelah mencetak sawah baru adalah soal jenis komoditas pangan yang akan ditanam.

Kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) di bawah pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla yang ingin mencetak pertambahan sawah baru melalui terobosan optimasi lahan rawa menuai pujian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News