Optimis Pemulangan TKI Overstayer Tuntas Tahun Ini

Optimis Pemulangan TKI Overstayer Tuntas Tahun Ini
Optimis Pemulangan TKI Overstayer Tuntas Tahun Ini
JAKARTA--Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menginstruksikan kepada Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) untuk mendampingi TKI overstayers yang baru pulang dari Arab Saudi, sampai ke kampung halamannya masing-masing.

“Penanganan pemulangan TKI terlantar harus diselesaikan secara tuntas. Setelah kembali ke tanah air, para TKI terlantar itu masih butuh bantuan pemerintah agar bisa pulang ke kampung halamannya masing-masing, “ terang Muhaimin di Gedung Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), Jakarta, Senin (14/2).

Muhaimin menjelaskan, sebagai tahap awal,  pemerintah memang memprioritaskan pemulangan TKI overstayer dari Arab Saudi bagi TKI yang sakit, anak-anak dan balita serta sebagian WNI yang bermasalah. Pemulangan WNI/TKI overstayer, tambah Muhaimin, akan dilakukan secara terus menerus setiap hari.

Disebutkan ada tiga cara pemulangan TKI yang dilakukan rutin oleh Kemenakertrans setiap harinya. Pertama,  pemulangan yang dilakukan asuransi. Kedua, repatriasi yang dilakukan KJRI dan KBRI. Ketiga, deportasi oleh negara penempatan. “Pemerintah bersyukur dapat memulangkan mereka dalam waktu tidak terlalu lama, setelah diproses lebih dahulu di tarhil atau kantor imigrasi untuk penyelesaian pembebasan denda dan exit permitnya," kata Muhaimin.

JAKARTA--Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menginstruksikan kepada Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News