Optimistis Kesejahteraan Petani Meningkat, Kementan Siapkan SDM Andal di Pinrang

Optimistis Kesejahteraan Petani Meningkat, Kementan Siapkan SDM Andal di Pinrang
Tim Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pinrang menggelar program Sekolah Lapang Tahap 1 untuk Daerah Irigasi Pasolengan. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, PINRANG - Program Sekolah Lapang Tahap memiliki peran strategis dalam peningkatan kualitas SDM petani.

Sekolah Lapang yang notabene salah satu implementasi program Integrated Particitopary Development and Management of Irrigation (IPDMIP), sangat berperan dalam mendongkrak prodduktivitas petani. Misalnya saja di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Tim Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pinrang menggelar program Sekolah Lapang Tahap 1 untuk Daerah Irigasi Pasolengan. Kegiatan berlangsung di Kantor Desa Buttu Sawe, Kamis (16/9).

Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Kabupaten Pinrang Nuraini mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan swasembada pangan dan meningkatkan nilai pertanian irigasi, melalui pendampingan dan pelatihan para petani.

"Ini program berkelanjutan yang sangat penting bagi petani. Kami sangat berterima kasih kepada pihak Kementerian Pertanian," ujar Nuraini melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (18/9).

"Sesuai dengan pengalaman saya sebagai petani yang pernah mengikuti kegiatan sekolah lapang, semua materi yang disampaikan oleh Narasumber adalah ilmu yang benar-benar dibutuhkan oleh petani," katanya.

Nuraini mengatakan bahwa sekolah lapang ini khusus untuk petani-petani yang berada di Daerah Irigasi Pasolengan.

"Sekolah lapang ini harus mengikutsertakan wanita minimal tujuh orang dari 30 peserta tiap kelompok tani, karena berdasarkan penelitian, wanita itu lebih tinggi tingkat ketelitiannya, maka dari itu harus diberdayakan maksimal," lanjut dia.

Kementan optimistis kesejahteraan petani meningkat. Salah satu caranya dengan menyiapkan SDM yang andal.