Optimistis Padat Karya Tunai Dongkrak Peredaran Uang di Desa

Optimistis Padat Karya Tunai Dongkrak Peredaran Uang di Desa
Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR di Tabanan, Jumat (23/2). Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, TABANAN - Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupa program padat karya tunai irigasi kecil dan jalan produksi di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Jumat (23/2). Kegiatan itu mengawali kunjungan kerja presiden yang akrab disapa dengan panggilan Jokowi itu di Bali mulai hari ini.

Ada 25 warga yang terlibat dalam pembangunan jalan produksi sepanjang 592 meter itu. Nilai proyeknya sebesar Rp 600 juta, yang dikerjakan selama tiga bulan.

Sedangkan dana Rp 675 juta digelontorkan untuk membiayai pembangunan irigasi sepanjang 600 meter. Irigasi untuk mengairi sawah seluas 47,6 hektare dikerjakan selama 50 hari.

Upah bagi warga yang terlibat padat karya itu adalah Rp 125 per hari untuk tukang. Sedangkan bagi warga pekerja memperoleh upah Rp 85 ribu.

Presiden Jokowi mengatakan, program padat karya tunai diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat di sejumlah daerah di tanah air. “Pola padat karya tunai ini betul-betul diharapkan bisa mendongkrak peredaran uang di desa dan di daerah untuk meningkatkan daya beli dan meningkatkan konsumsi masyarakat,” ujarnya.

Mantan gubernur DKI itu juga mengapresiasi kerja cepat yang dilakukan Kementerian PUPR. Karena itu, Jokowi akan mendorong kementerian lain untuk segera melaksanakan program padat karya tunai dalam rangka meningkatkan penyerapan anggaran.

Saat meninjau program padat karya tunai di Tabanan, Presiden Jokowi juga sempat berbincang-bincang dengan warga yang berpartisipasi dalam padat karya tersebut. Ikut mendampingi Jokowi adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Gubernur Bali I Made Mangku Pastika.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo kembali meninjau pelaksanaan proyek Kementerian PUPR berupa program padat karya tunai di Kabupaten Tabanan, Bali.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News