Optimistis Saksi Dibiayai Negara Bakal Tekan Kecurangan Pemilu

Optimistis Saksi Dibiayai Negara Bakal Tekan Kecurangan Pemilu
Optimistis Saksi Dibiayai Negara Bakal Tekan Kecurangan Pemilu

jpnn.com - JAKARTA - Partai Demokrat (PD) termasuk barisan partai politik (parpol) yang pro dengan pendanaan saksi di tempat pemungutan suara (TPS) oleh negara. Partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono itu menilai anggaran yang disiapkan negara itu bentuk kesetaraan terhadap parpol. Pasalnya, tidak semua partai mampu membiayai seluruh kebutuhan saksi.

Selain itu, dana saksi tersebut diyakini bisa meminimalisir kecurangan dalam pemilu. "Selain itu, saksi juga bisa menekan kemungkinan adanya pencurian suara milik partai lain," kata Juru Bicara Partai Demokrat, Ikhsan Modjo dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (27/1).

Menurut Ikhsan, pembiayaan saksi adalah bagian dari pembiayaan pemilu dan bukan pembiayaan parpol. Oleh karenanya, negara berkewajiban menyukseskan pemilu dengan menanggung honor saksi parpol di tempat pemungutan suara (TPS).

Lagipula, sambung Ikhsan, mekanisme pembiayaannya tidak langsung melalui parpol, tapi melalui Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Ditegaskannya, dana saksi di pemilu bukan keputusan pemerintah sepihak, ,elainkan kesepakatan bersama Komisi II DPR RI, Mendagri, Menkeu, KPU, dan Bawaslu.

"Kesimpulannya pendanaan saksi ini demi kesuksesan pemilu dan demokrasi yang makin berkualitas, d imana hasilnya kembali ke rakyat," tegas caleg DPR RI dari daerah pemilihan Jember dan Lumajang ini.(dil/jpnn)


JAKARTA - Partai Demokrat (PD) termasuk barisan partai politik (parpol) yang pro dengan pendanaan saksi di tempat pemungutan suara (TPS) oleh negara.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News