Orang Dekat Bisa Jadi Predator

Orang Dekat Bisa Jadi Predator
Orang Dekat Bisa Jadi Predator

JAKARTA
– Orang yang diduga kuat sebagai pelaku perampokan yang disertai pembunuhan di rumah guru besar Faklutas Ekonomi Universitas Sumatera Utara (FE USU) Profesor Dr H Bachtiar Hasan telah tertangkap pada Rabu (15/4). Dugaan kuat, pelaku aksi yang menyebabkan tewasnya istri Bachtiar, Onaya Siti Kadarsih (65), adalah Andy Sitompul (26), yang ternyata masih tetangga korban.

Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Prof Adrianus Meliala mengaku tidak kaget bila pelakunya masih tetangga korban. Dalam kasus perampokan yang disertai pembunuhan, memang bisanya pelakunya merupakan orang-orang dekat korban, minimal sudah saling mengenal. ''Pembunuhan-pembunuhan domestik, yang terjadi di rumah, spontan dan tak terencana, biasanya pelakunya memang orang dekat, dari kalangan keluarga batih, atau setidaknya sudah dikenal korban,“ ujar Adrianus kepada JPNN di Jakarta, Kamis (16/4). Dengan alasan itu, dia mengaku tidak kaget mendengar pelaku kasus Prof Bachtiar ternyata tetangga korban.

”Kalau orang awan biasanya berimajinasi bahwa pelakunya orang lain, yang sangat jahat dan sadis. Padahal, orang-orang yang familier dengan kita justru malah bisa menjadi predator,” ulas Adrianus.

Adri, demikian Adrianus biasa disapa, menjelaskan bahwa kasus pembunuhan domestik, modelnya hanya setingkat di bawah kasus mutilasi. Dalam kasus mutilasi, pelakunya selalu orang-orang dekat dengan korban. Modus pembunuhan domestik ini, kata Adri, sangat berbeda dengan serentetan kasus perampokan di sejumlah bank di Medan dan sekitarnya belakangan ini. ”Kasus domestik sangat berbeda dengan perampokan bank,” ucapnya.

JAKARTA – Orang yang diduga kuat sebagai pelaku perampokan yang disertai pembunuhan di rumah guru besar Faklutas Ekonomi Universitas Sumatera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News