Orang Dekat Presiden Tertangkap Basah Minta Jatah, Ada Rekaman, Memalukan

Orang Dekat Presiden Tertangkap Basah Minta Jatah, Ada Rekaman, Memalukan
Ilustrasi korupsi. Foto: Pixabay

jpnn.com, KINSHASHA - Seorang penasihat utama Presiden Republik Demokratik Kongo Felix Tshisekedi telah mengundurkan diri setelah beredarnya sebuah rekaman suara transaksi haram terkait proyek pertambangan.

Vidiye Tshimanga, juru bicara kampanye pemenangan Tshisekedi dan penasihat utama di kabinet saat ini, menyangkal bahwa suara dalam rekaman itu adalah dirinya.

Presiden Tshisekedi yang menjabat pada 2019 berjanji memberantas korupsi yang merusak pemerintahan pendahulunya Joseph Kabila.

Namun, beberapa skandal korupsi tingkat tinggi justru mencuat pada masa pemerintahannya.

Organisasi media nirlaba, The Organised Crime and Corruption Reporting Project (OCCRP) melaporkan bahwa Tshimanga tertangkap basah tengah merundingkan jatah dari sebuah perjanjian di bawah tangan.

OCCRP mengatakan dalam sebuah laporan pada hari Kamis bahwa Tshimanga bertemu beberapa kali dengan dua orang yang menyamar sebagai investor tambang dari Hong Kong yang diam-diam merekamnya.

Tshimanga menawarkan untuk menggunakan koneksinya ke Tshisekedi untuk melewati peraturan dengan imbalan potongan hasil.

Dalam surat pengunduran dirinya pada hari Jumat, Tshimanga mengatakan dia memiliki "kewajiban etis" untuk mundur, meskipun percaya bahwa pernyataannya diambil di luar konteks.

Organisasi media nirlaba melaporkan bahwa orang dekat presiden itu telah meminta jatah terkait proyek pertambangan

Sumber Reuters

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News