Orang Kaya tak Nikmati Subsidi BBM

Orang Kaya tak Nikmati Subsidi BBM
Orang Kaya tak Nikmati Subsidi BBM
JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Rieke Diah Pitaloka, menyangsikan alasan pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang menuebut subsidi tidak tepat sasaran. Rieke menegaskan, subsidi itu bukan dinikmati orang kaya.

"Sebenarnya pemerintahan SBY-Boediono yang berhaluan neoliberal, selalu mengatakan bahwa subsidi BBM dinikmati orang kaya. Siapa bilang Subsidi BBM dinikmati orang kaya?," ujar politisi PDI Perjuangan, itu Minggu, (11/3), di Jakarta.

Dia mengungkapkan, 64 persen BBM dikonsumsi pengguna sepeda motor. Menurutnya, itu bukan kelompok ekonomi kaya. Melainkan kelas ekonomi menengah dan bawah. "Sisanya hanya 36 persen BBM yang dikonsumsi mobil," kata dia.

Ia menjelaskan lagi, 65 persen bensin ternyata dikonsumsi oleh masyarakat miskin dan menengah bawah yang rata-rata pengeluaran per kapitanya kurang dari USD 4 perhari. "Bahkan sebanyak 29 persen masyarakat di dalamnya dikonsumsi oleh kelompok miskin yang pengeluaran perkapitanya kurang dari USD 2," ungkap Rieke.

JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Rieke Diah Pitaloka, menyangsikan alasan pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang menuebut subsidi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News