Orang Muda Ganjar Jatim Gelar Lomba Fashion Show Pakaian Adat Nusantara

Orang Muda Ganjar Jatim Gelar Lomba Fashion Show Pakaian Adat Nusantara
Sukarelawan Orang Muda Ganjar (OMG) Jawa Timur menggelar Lomba Fashion Show Pakaian Adat Nusantara di tengah-tengah Dusun Karangrejo, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo pada Minggu (12/2). Foto dok OMG

jpnn.com, PROBOLINGGO - Sukarelawan Orang Muda Ganjar (OMG) Jawa Timur menggelar Lomba Fashion Show Pakaian Adat Nusantara di tengah-tengah Dusun Karangrejo, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo pada Minggu (12/2).

Dengan mengenakan masing-masing pakaian adat Nusantara, para peserta yang berjumlah 15 orang pemuda itu menampilkan pakaian dari berbagai daerah, seperti Bali, Padang, Batak dan Jawa Timur.

Mereka juga memperkenalkan pakaian adat sebagai representasi budaya Nusantara kepada masyarakat Kecamatan Pajarakan.

"Kami mengangkat lomba fashion show dengan tema Merawat dan Melestarikan Adat Nusantara. Kita memfasilitasi dan mendukung desainer lokal untuk terus mengembangkan kreativitas dan melakukan inovasi terhadap pemuda-pemuda yang ingin tampil untuk mendukung dan melestarikan adat dan budaya nusantara," ujar Koordinator Cabang OMG Kabupaten Probolinggo, Hasan Zainal.

Lomba fashion show OMG Jawa Timur sendiri diikuti peserta umum dengan minimal 15 tahun, yang berasal dari seluruh wilayah kabupaten dan kota Probolinggo.

Mereka diharuskan merepresentasikan kebudayaan dan pakaian adat yang mereka kenakan.

Zainal menjelaskan, cara unik OMG Jawa Timur dengan menyelenggarakan lomba fashion show di tengah perkampungan warga itu diharapkan bisa mengenalkan secara langsung pakaian adat dan kebudayaan Nusantara kepada masyarakat.

"Masyarakat sangat antusias dan sangat kompak untuk memeriahkan acara ini karena masyarkat juga ingin menikmati hiburan dan ingin menikmati karya-karya yang ditampilkan. Dengan adanya kegiatan ini, kami bisa lebih menghargai dan terus berkomitmen untuk melestarikan adat dan budaya pakaian nusantara dari berbagai wilayah," ungkap Zainal.

Orang Muda Ganjar (OMG) Jawa Timur menggelar Lomba Fashion Show Pakaian Adat Nusantara di tengah-tengah Dusun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News