Orang Utan Sumatra, Hewan Liar yang Bisa Mengobati Dirinya Sendiri dengan Tanaman Obat

Orang Utan Sumatra, Hewan Liar yang Bisa Mengobati Dirinya Sendiri dengan Tanaman Obat
BKKSDA Sumut mengevakuasi satu individu orang utan sumatera di areal perkebunan milik PT PISS sebelum akhirnya dilepasliarkan di Taman Nasional Gunung Leuser. Foto: ANTARA/HO

Orangutan Sumatra menjadi hewan liar pertama yang terlihat melakukan pengobatan sendiri dengan tanaman untuk menyembuhkan luka.

Orangutan jantan, bernama Rakus, mengalami luka di bagian pipinya, kemungkinan besar akibat perkelahian dengan pejantan lain, kata para peneliti dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports.

Rakus terlihat mengunyah daun liana tanpa menelannya, lalu menggunakan jarinya untuk mengoleskan sari buahnya ke luka, kata peneliti.

Akhirnya, dia menutupi lukanya sepenuhnya dengan racikan yang dia buat dengan mengunyah daun itu.

Lima hari setelah dia terlihat mengoleskan racikan itu ke lukanya, luka itu tertutup, dan sebulan kemudian hampir tidak terlihat.

Rakus terlihat dengan luka wajah di bawah matanya.

Dua bulan kemudian lukanya hampir tidak terlihat.

Ini adalah kasus pertama yang terdokumentasi mengenai pengobatan luka aktif oleh hewan liar dengan tanaman yang diketahui memiliki kualitas obat.

Penelitian yang terdokumentasikan memperlihatkan Orangutan Sumatra menjadi hewan liar pertama yang terlihat melakukan pengobatan sendiri dengan tanaman untuk menyembuhkan luka

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News