Orangtua Harus Cerdas Pilih Tontonan untuk Anak

Orangtua Harus Cerdas Pilih Tontonan untuk Anak
Orangtua Harus Cerdas Pilih Tontonan untuk Anak
MEDAN- Masyarakat harus cerdas memilih tontonan dari setiap program acara yang disuguhkan oleh media penyiaran. Karena lebih dari 70 persen isi siaran di televisi didominasi hiburan yang tidak mendidik. Bahkan perilaku negatif anak-anak Indonesia banyak diadopsi siaran televisi.

"Karena siaran di televisi lebih banyak memberikan pengaruh tidak baik, terutama bagi anak," ujar Anggota Bidang Pengawasan Isi Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Utara, Dr Syafruddin Pohan dalam acara Literasi Media Kepada Masyarakat tentang Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3-SPS) di Medan, Sabtu (30/6).

Dijelaskannya, berdasarkan fakta pola menonton televisi di Indonesia, rata-rata anak di Indonesia menonton televisi antara 3-6 jam per hari. Fakta tersebut dua kali lipat mengalahkan anak-anak di Amerika Serikat dan lima kali lipat dibandingkan anak-anak di Kanada.

"Keadaan tersebut diakibatkan para orang tua yang belum bisa mengontrol waktu menonton televisi si anak, sehingga menjadi kebablasan. Maka diperlukan adanya diet televisi yang harus dilakukan para orang tua agar dapat memilih siaran yang berguna dan baik bagi si anak," katanya.

MEDAN- Masyarakat harus cerdas memilih tontonan dari setiap program acara yang disuguhkan oleh media penyiaran. Karena lebih dari 70 persen isi siaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News