Oranje Ingin Akhiri Puasa Kemenangan

Oranje Ingin Akhiri Puasa Kemenangan
Penyerang Timnas Belanda, Robin van Persie. Getty Images

jpnn.com - ROTTERDAM – Timnas Belanda tak pernah lagi merasakan kemenangan sejak dikalahkan Turki di babak kualifikasi Piala Dunia 2014, 16 Oktober lalu. Sejak itu, Belanda hanya bermain imbang melawan Jepang, Kolombia dan Ekuador, lalu menelan kekalahan dari Prancis. Krisis kemenangan wajib diakhiri oleh Belanda untuk meningkatkan mental pemain sebelum berlaga di Piala Dunia 2014.

Itulah misi utama Belanda saat menjamu Ghana di Stadion Feijenoord, Rotterdam, dalam ujicoba dinihari nanti. Pelatih Louis van Gaal sendiri belum memastikan 23 pemain yang akan dia bawa ke Brasil. Karenanya, selain mengakhiri puasa kemenangan, Van Gaal juga akan menjadikan laga kontra Ghana sebagai pertimbangan sebelum memastikan 23 pemain, 2 Juni mendatang.

”Tak ada satupun pemain yang tidak tersentuh atau mendapat jaminan tempat di dalam tim selain Arjen Robben, Robin van Persie dan Kevin Strootman. Mereka adalah pengecualian dan mendapat tempat istimewa,” kata Van Gaal seperti dilansir The Offside Rule.

Belanda berada di Grup B Piala Dunia 2014 bersama Spanyol, Australia dan Cile. Ujicoba kontra Ghana ini sebagai simulasi menghadapi lawan-lawan seperti Australia dan Cile. Sementara, bagi Ghana, laga di Rotterdam nanti adalah momen untuk mengetes kekuatan elit di Eropa. Itu akan berguna sebagai modal menghadapi Jerman dan Portugal di babak kualifikasi Grup G. Selain Jerman dan Portugal, Ghana juga akan menghadapi Amerika Serikat.

Pelatih Ghana Kwasi Appiah ingin mengulang sukses Ghana saat melaju ke perempat final Piala Dunia 2010. Dia yakin dengan kemampuan timnya meski menghuni grup sulit. ”Kesatuan tim hebat dan disiplin sangat tinggi. Disiplin berperan besar, jika Anda ingin sukses, 100 persen dipengaruhi oleh sikap pemain dan sejauh ini, Ghana menunjukkan sikap yang bagus,” kata Appiah.

Seperti halnya Belanda, Ghana juga belum memilih 23 pemain utama yang untuk Piala Dunia 2014. ”Ada semacam kompetisi, tak satupun yang bisa memastikan dirinya terpilih untuk saat ini. Para pemain sangat memperhatikan setiap arahan yang diberikan di sesi latihan. Semuanya mencoba melakukan apapun yang dia bisa untuk saya. Ini penting untuk tim dan saya benar-benar terkesan,” ujar Appiah. (ish)


ROTTERDAM – Timnas Belanda tak pernah lagi merasakan kemenangan sejak dikalahkan Turki di babak kualifikasi Piala Dunia 2014, 16 Oktober lalu.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News