Orasi Ilmiah di Unhawa, Mentan Bahas Sarjana dan Pertanian Modern

Orasi Ilmiah di Unhawa, Mentan Bahas Sarjana dan Pertanian Modern
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan orasi ilmiah bertema pertanian maju, mandiri, dan modern, saat menghadiri acara wisuda mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unhawa) Jombang, Jawa Timur. Foto: Kementan.

jpnn.com, JOMBANG - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan orasi ilmiah bertema pertanian maju, mandiri, dan modern, saat menghadiri acara wisuda mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unhawa) Jombang, Jawa Timur.

Syahrul mengatakan mahasiwa merupakan pilar utama dalam membawa pertanian Indonesia yang makin modern. Menurut dia, peranan mahasiswa khususnya para sarjana Unhawa sangat penting dalam proses pembangunan pertanian yang sedang berjalan.

Mantan gubernur Sulawesi Selatan yang menjabat dua periode ini menjelaskan bahwa pertanian sekarang tidak sama dengan dulu.

“Pertanian sekarang itu tidak peduli apa titelmu dan apa jurusanmu. Kamu mau teknik, mau hukum atau apa pun itu bisa bertani. Memang ada gagal-gagalnya, ada jatuh bangunnya, dan ada kecewanya, tetapi bagi seorang sarjana itu semua tidak berlaku," ujar Mentan SYL, Sabtu (27/3).

Menurut Mentan SYL, semua sarjana yang berhasil menyelesaikan studinya di kampus pasti membutuhkan pertanian. Seorang sarjana dalam melanjutkan kariernya juga pasti membutuhkan makanan.

"Semua sarjana membutuhkan pertanian dan pertanian itu ada di depan mata. Karena itu, ayo kita sama-sama memanfaatkan karunia Allah yang sangat melimpah ini untuk kepentingan bangsa dan negara," katanya.

Mentan secara khusus meminta mahasiswa Unhawa mampu menunjukkan karakter sarjananya dengan memberi contoh dan suri teladan yang baik.

"Tunjukkan pada keluargamu kalau kamu bukan yang kemarin, tunjukkan pada keluargamu kalau kamu adalah andalan. Makanya, perilakumu juga senantiasa harus baik dan menjadi teladan," ungkap Syahrul Yasin Limpo

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan peranan mahasiswa khususnya para sarjana Unhawa sangat penting dalam proses pembangunan pertanian yang sedang berjalan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News