Organda akan Turunkan Tarif Angkutan Ekonomi

Organda akan Turunkan Tarif Angkutan Ekonomi
Organda akan Turunkan Tarif Angkutan Ekonomi. Foto JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Organisasi Angkutan Darat (Organda) membuka peluang adanya penyesuaian tarif angkutan kelas ekonomi, menyusul turunnya harga premium dari Rp 7.500 menjadi Rp 6.600 dan solar dari Rp 7.250 menjadi Rp 6.400. Namun berapa besar penurunan, masih akan dilakukan pengkajian terlebih dahulu karena perlu ada penyesuaian dengan komponen-komponen lain.

“Atas kebijakan penurunan harga premium dan solar, Organda melakukan evaluasi pengaruhnya terhadap biaya operasional. Tidak tertutup kemungkinan ada penyesuaian terhadap tarif kelas ekonomi. Namun masih perlu dilakukan perhitungan teknis untuk selanjutnya disampaikan kepada pemerintah,” ujar Ketua Umum Organda, Eka Sari Lorena Surbakti, saat dihubungi Jumat (16/1) malam.

Menurutnya, pengkajian akan dilakukan dengan memerhatikan sejumlah komponen, mulai dari harga-harga sparepart dan sejumlah komponen lain yang berhubungan dengan tarif dan pelaksanaan operasional di lapangan.

Saat ditanya dengan sikap pemerintah yang menetapkan harga premium dan solar mengikuti fluktuasi pasar minyak dunia, Lorena mengatakan untuk tarif angkutan barang, Organda mengusulkan tetap mengikuti mekanisme pasar. Ia mencontohkan semisal saat ini terdapat penurunan harga BBM terhadap operasional yang mencapai 8 persen, maka dampaknya dihitung hanya 5-8 persen.

“Tapi berapa besar tarifnya, masih akan kita lihat dulu keadaan di lapangan, kemudian kita lihat impactnya seperti apa dan kita analisa untuk di share kepada pemerintah mengenai impact tariff,” katanya. (gir/jpnn)

 


JAKARTA – Organisasi Angkutan Darat (Organda) membuka peluang adanya penyesuaian tarif angkutan kelas ekonomi, menyusul turunnya harga premium


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News